HKN ke-54, Ratusan Orang Periksa Kesehatan Gratis di Kantor Gubernur Kaltim

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 dirayakan dengan kegiatan senam dan jalan sehat, yang digelar Pemprov Kaltim

HKN ke-54, Ratusan Orang Periksa Kesehatan Gratis di Kantor Gubernur Kaltim
Tribun Kaltim/Cornel Dimas
Pemeriksaan Kesehatan gratis yang digelar Pemprov Kaltim melalui Dinas Kesehatan dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di kantor Gubernur Kaltim, Jl Gajah Mada, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (11/11/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018 dirayakan dengan kegiatan senam dan jalan sehat, yang digelar Pemprov Kaltim melalui Dinas Kesehatan Provinsi di Kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada, Samarinda, Minggu (11/11/2018).

Selain senam dan jalan sehat, stand pemeriksaan kesehatan gratis menjadi yang paling diburu masyarakat. Stand ini menyediakan pemeriksaan kolesterol, gula darah, tensi, dan asam urat.

Stand pemeriksaan kesehatan Patelki Kaltim misanya, dikunjungi hampir 200 masyarakat. Sedangkan stand pemeriksaan kesehatan RS Dirgahayu mampu menarik sekitar 180 orang baik dewasa maupun anak muda.

Salah satu peserta HKN, Indriyani (46) mengaku senang dan terbantu dengan kegiatan ini. Pasalnya ia bisa mengecek kesehatan tanpa dipungut biaya sekaligus mendapat saran yang bermanfaat dari petugas medis.

Baca: Kisah Adul, Bocah Berkebutuhan Khusus Kelas 3 SD yang Setiap Hari Merangkak 3 Km ke Sekolah

"Kegiatan ini bagus sekali, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selama ini kita jarang memeriksa kesehatan. Saya sering minum sirup dan minuman bersoda. Jadi tadi diperiksa gula darah agak tinggi. Saya disuruh banyak minum air putih dan kurangi minuman manis," ungkap Indriyani yang beralamat di Jl P. Suryanata ini.

Ia berharap kegiatan ini bisa diadakan rutin tiap bulan agar masyarakat juga aktif memperhatikan kesehatan.

"Di sini kita bisa belajar hidup sehat. Habis senam dan jalan sehat, ada pemeriksaan gratis dan konsultasi kesehatan. Lebih bagus ini rutin setiap bulan jadi masyarakat terbantu juga lebih aktif hidup sehat makan sayur dan buah," katanya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kaltim Rini Retno Sukesi mengaku bangga kegiatan berjalan dengan lancar dan masyarakat aktif memeriksa kesehatan. Menurutnya ini sesuai dengan tema yang diangkat di HKN ke -54 yaitu 'Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.'

"Saya sangat bersyukur mereka datang pada saat sehat, bukan saat sakit. Mereka antusias mencari informasi untuk memelihara kesehatan dan ikut aktivitas senam hingga jalan sehat dan memeriksakan kondisi kesehatannya," ujar Rini.

Baca: Terbaru, Ini Trik Agar Untung Berlipat-lipat di Harbolnas 11.11 dari Lazada, Blibli, dan Elevenia

Kegiatan ini diramaikan sejumlah instansi kesehatan di Kaltim khususnya Samarinda mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, hingga akademi keperawatan dan farmasi. Rini mengatakan senam dan jalan sehat kali ini mampu menghabiskan sekitar 5 ribu kupon.

"Artinya pesan yang kami sampaikan, sosialisasikan sudah sampai ke masyarakat, bahwa hidup sehat berawal dari diri sendiri dan keluarga," tuturnya.

Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved