Sering Kebakaran, Warga Ujoh Bilang Mahulu Usulkan Pemadam Portabel

Permukiman penduduk di Ujoh Bilang bisa dianggap rawan terhadap bencana kebakaran, sementara perlengkapan infrastruktur penanganan belum maksimal.

Sering Kebakaran, Warga Ujoh Bilang Mahulu Usulkan Pemadam Portabel
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Suasana kondisi terakhir dua rumah di Jalan Bang Juk, Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun pasca dilahap api, Selasa (13/11/2018) pagi. 

Sering Kebakaran, Warga Ujoh Bilang Mahulu Usulkan Pemadam Portabel

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Bencana kebakaran rumah yang terjadi di pusat ibukota Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu, Provinsi Kalimantan Timur, di Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun sudah kejadian yang kedua kalinya dalam setahun, di tahun 2018.

Saat Tribunkaltim.co bersua dengan Kepala Kampung Ujoh Bilang, Selvanus Sengiang, di depan lokasi bekas kebakaran dua rumah di Jl Bang Juk, ungkapkan, selama setahun ini peristiwa kebakaran rumah sudah dua kali.

“Tahun 2017 pernah, ada satu kali. Tahun ini sudah dua kali, yang pertama terjadi di sekitar awal tahun,” ujarnya pada Selasa (13/11/2018) siang.

Menurut dia, kondisi permukiman penduduk di Ujoh Bilang bisa dianggap rawan terhadap bencana kebakaran, sementara perlengkapan infrastruktur penanganan bencana kebakaran pun belum maksimal.

Respon Mahfud MD saat Beredar Meme Dirinya Dukung Prabowo-Sandi

Jumlah penduduk di Ujoh Bilang dari tahun ke tahun semakin bertambah, apalagi ada juga kedatangan orang perantau dari luar daerah, menjadikan Ujoh Bilang serasa semakin padat.

Banyak bermunculan rumah-rumah baru, baik untuk usaha penginapan kosan dan usaha kontrakan. Mendirikan bangunannya yang sebagian besar rumah yang terbuat dari bahan kayu.

“Ada tiga mobil pemadam. Tapi yang satu mobil rusak. Sistem piket petugas pemadam yang jaga malam kami nilai belum maksimal.

Sempat semalam, lama datang tim pemadamnya,” ungkap pria lulusan sarjana Ilmu Pemerintahan dari Universitas Terbuka ini.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved