Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Megahubs Internasional Kalahkan Korea dan Malaysia

Bandara Soekarno-Hata masuk dalam 10 besar dunia sebagai megahubs di seluruh dunia terbaik dalam pelaksanaan koneksi internasional.

Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Megahubs Internasional Kalahkan Korea dan Malaysia
kompas.com/Angkasa Pura II
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTAOAG merilis laporan soal OAG Megahubs International Index 2018. Dalam laporannya itu, 50 megahubs internasional di seluruh dunia diurutkan dari yang terbaik soal koneksi internasional terjadwal yang dilayani oleh bandara tersebut.

Bangganya, salah satu bandara internasional di Indonesia masuk ke daftar ini dan bertengger di urutan ke-10 dari 50 bandara internasional yang ada.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta memperoleh indeks konektivitas sebesar 249 poin dengan dominasi oleh Garuda Indonesia dengan jumlah 28 persen konektivitas internasional.

Indonesia bisa mengalahkan bandar udara milik tetangga, Malaysia, yakni Kuala Lumpur International Airport yang mesti puas ada diposisi ke-12 dan bahkan mengalahkan Incheon International Airport, Korea Selatan, yang menempati posisi ke-15 dalam daftar tersebut.

Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018.
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018. (kompas.com/Angkasa Pura II)

OAG Megahubs International Index 2018 diambil dari 200 bandara terbesar di dunia (berdasarkan total kursi yang dijadwalkan pada Juli 2018) dan 200 bandara internasional terbesar (berdasarkan total kursi terjadwal internasional pada Juli 2018) pada hari tersibuk untuk penerbangan global selama 12 bulan hingga Juli 2018.

Peringkat pertama diraih oleh bandara internasional Inggris, London Heathrow International Airport, dengan indeks konektivitas sebesar 333 poin dan didominasi British Airways dengan jumlah presentase 52 persen konektivitas internasional.

“Megahubs terbesar di Asia Pasifik semuanya berlokasi di Asia Tenggara.

Bandara Changi Singapura (SIN) menempati urutan ke-8 secara keseluruhan, diikuti oleh Bandara Jakarta (CGK) diposisi ke-10.

Bandara Kuala Lumpur (KUL), Bandara Hong Kong (HKG) dan Bandara Bangkok (BKK) juga berada dalam 15 Megahubs Internasional terbaik,” tulis laporan tersebut, Kamis (15/11/2018).

Berikut Kompas.com rangkum daftar 10 megahub terbaik di dunia berdasar pada OAG Megahubs International Report 2018.

Halaman
123
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved