Banjir Terjang 3 Desa di Aceh Utara, Rumah-rumah Warga Hanyut Terbawa Arus

Diketahui, penyebab banjir kali ini adalah tanggul Krueng (sungai) Pase di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara yang jebol.

Banjir Terjang 3 Desa di Aceh Utara, Rumah-rumah Warga Hanyut Terbawa Arus
(KOMPAS.com/Masriadi )
Salah satu rumah warga yang hancur dihantam banjir di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (17/11/2018). 

Banjir Terjang 3 Desa di Aceh Utara, Rumah-rumah Warga Hanyut Terbawa Arus

TRIBUNKALTIM.CO - Banjir melanda sejumlah desa di Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (17/11/2018) hingga Minggu (18/11/2018).

Data yang diperoleh dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyebutkan, banjir merendam Desa Kumbang, Tengoh, dan Desa Blang, Kecamatan Syamtalira Aron.

Sedangkan di Kecamatan Samudera, banjir merendam lintas nasional di Geudong, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Ratusan warga terlihat mengungsi di pinggir jalan lintas Medan-Banda Aceh, Desa Kumbang, Aceh Utara.

Diketahui, penyebab banjir kali ini adalah tanggul Krueng (sungai) Pase di Desa Kumbang, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara yang jebol.

Jakarta Utara Siapkan 8.000 Karung Pasir Hadapi Banjir di Musim Hujan

Curah Hujan di Berau Meningkat, Waspadai Banjir dan Tanah Longsor

Sedikitnya, tiga rumah hanyut dibawa banjir. Kepala Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Andre Prayuda mengakui ada rumah warga yang rusak dihantam banjir.

“Data yang kami terima dari camat, di Desa Kumbang yang terdampak banjir itu 215 kepala keluarga atau 758 jiwa. Pendataan terus dilakukan terhadap kerusakan yang disebabkan banjir kali ini,” katanya, Minggu (18/11/2018).

Dia menyebutkan, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/Polri serta tim teknis lainnya sejak pagi sudah berada di lokasi banjir untuk membantu masyarakat. “Kami upayakan keselamatan warga dulu,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumah-rumah Hanyut Akibat Banjir di Aceh Utara", 

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved