Hikmah Maulid Nabi , Ketua MUI Kaltim KH Hamri Haz: Muhammad Teladan Terbaik

SETIAP moment dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW selalu diperingati oleh umat Islam. Salah satunya Maulid Nabi

Penulis: Rafan Dwinanto | Editor: Sumarsono
tribunkaltim.co/rafan arif dwinanto
Ketua MUI Kaltim, Hamri Haz 

TRIBUNKALTIM.CO - SETIAP moment dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW selalu diperingati oleh umat Islam. Salah satunya Maulid Nabi, yang biasanya diperingati dengan cara menggali hikmah perjalanan hidup Rasullullah SAW mulai lahir hingga wafat. Setiap perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW, baik perkataan maupun perbuatan Beliau, adalah teladan bagi manusia.

Rasul sendiri mengatakan bahwa dirinya dididik langsung oleh Allah SWT. Beliau senantiasa berlaku dengan baik, karena diarahkan secara langsung oleh Allah. Dan oleh Allah, Beliau dijadikan contoh bagi manusia yang ingin kehidupannya menjadi lebih baik.

Kita ketahui, sebelum lahir, Rasul ditinggal wafat oleh ayahnya. Saat masih, kecil, ibunya menyusul wafat. Selanjutnya Beliau dipelihara oleh kakeknya. Saat kakeknya wafat, Beliau lantas dipelihara pamannya.

Baca: Menyebarkan Hoaks Foto Syur Grace Natalie, Topan Pratama Minta Maaf kepada Ketum PSI

Saat remaja, Beliau ikut berdagang dengan orang kaya. Yang kemudian orang kaya tersebut menjadi istrinya, yakni Siti Khadijah.

Setelah mandiri, Beliau mengamati kehidupan. Beliau sering menyendiri di Bukit Jabal Noor untuk mendapatkan ilham. Dalam rangka memohon petunjuk, oleh Allah kemudian diturunkanlah Al Quran.

Al Quran merupakan tuntunan Allah kepada umat. Apa saja dalam kehidupan ini sudah ada tuntutannya dalam Al Quran yang berjumlah 30 juz, 6.666 ayat. Mulai urusan rumah tangga, bermasyarakat, ekonomi, semua disinggung dalam Al Quran, dalam bentuk pokoknya.

Allah berfirman: "Tidak mengutus Muhammad melainkan merupakan untuk rahmat seluruh alam. Nabi jadi contoh bagi siapa saja yang ingin memerbaiki kehidupan dari, sisi apa saja.

Kami mengimbau, dalam tiap peringatan maulid, hendaknya selalu menggali hikmah dalam tiap perjalan hidup rasul.

Baca: Terus Kebanjiran, Warga Batu Ampar Balikpapan Utara Pertanyakan Efektifitas Proyek Drainase

Doktor Mesir Ahmad Salabi, mengatakan kehidupan Rasul ibarat laut tak bertepi. Kalau mau catat kehidupan Nabi yang bermanfaat bagi siapa saja, seberapapun jumlah buku tidak bisa menuliskan semua kebaikan dalam perjalanan Rasul.

Bagi yang mau melihat perjalanan hidup Rasul pasti menemukan hal baik. Makin diungkap kebaikan Rasul, makin luas kita menemukan kebaikan. Tak akan habis kita mengulas kebaikan Rasul. Karena memang Allah menjadikan Beliau sebagai uswatun khasanah, contoh yang terbaik. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved