Kemenkes RI Kirim Tiga Dokter Spesialis ke Kabupaten Mahulu

Tiga dokter spesialis ini bekerja di wilayah operasional beberapa puskesmas dan rumah sakit yang ada di Mahulu.

Kemenkes RI Kirim Tiga Dokter Spesialis ke Kabupaten Mahulu
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Suasana kondisi bagian rawat inap di Rumah Sakit Pratama Gerbang Sehat Mahulu di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun pada Selasa (30/10/2018) siang. 

Kemenkes RI Kirim Tiga Dokter Spesialis ke Kabupaten Mahulu

UJOH BILANG, TRIBUN - Sejauh ini Kabupaten Mahakam Hulu memiliki dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Pratama Gerbang Sehat Mahulu di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, yang dari pusat kota Ujoh Bilang ditempuh sekitar 27 menit melalui jalur darat. Dan yang kedua adalah Rumah Sakit Nawacita Datah Dave, di Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu.

Terkait tenaga dokter spesialis, Pelayanan rumah sakit di Kabupaten Mahakam Ulu kini telah dilengkapi sumber daya manusia berupa tiga dokter spesialis yang dikirim dari luar Kalimantan Timur. Tiga dokter spesialis ini bekerja di wilayah operasional beberapa puskesmas dan rumah sakit yang ada di Mahakam Ulu sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan.

drg Agustinus Teguh Santoso, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu kepada Tribunkaltim.co memastikan, berkat adanya tiga dokter spesialis pastinya akan membantu dunia kesehatan di Mahakam Ulu, pelayanan di beberapa puskemas dan rumah sakit bisa berjalan sesuai harapan.

Baca: Rumah Sakit GSM Mahakam Ulu Khawatir, Penarikan Retribusinya Dikategorikan Pungli

Baca: Tragis, Khashoggi Sempat Mengirim Pesan ke Putranya Sebelum Dimutilasi

Baca: Mirip Robot dan Demi Keamanan, Karyawan di Tanami Microchip

Masyarakat yang butuh perobatan bisa mendapat penanganan medis secara ilmiah dan profesional serta memunculkan pelayanan kesehatan yang prima dan pola pengobatan kepada pasien pun semakin terjamin.

"Tenaga medisnya yang benar-benar ahli. Ada tiga yang datang kesini. Jadi disini sekarang sudah ada dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dan dokter spesialis kandungan dan kebidanan," urainya.

Tenaga dokter ahli ini persembahan langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang dikirim pada 1 Oktober 2018. "Mereka tiba di Ujoh Bilang pada 3 Oktober ini. Sekarang mereka sudah bertugas disini, melayani warga Mahulu," ungkapnya.

Keberadaan tenaga ahli dokter spesialis ini ditempatkan di Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu di Sebenak Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun yang baru saja diresmikan pada 3 Mei 2018.

Dan tiga dokter juga bekerja di Rumah Sakit Nawa Cita Datah Dave di Long Lunuk Kecamatan Long Pahangai yang baru saja diresmikan bersama Gubernur Kaltim Awang Farouk dan sudah beroperasi sejak 5 Mei 2018. "Bertugas di daerah terpencil, melayani masyarakat di perbatasan," ujarnya.

Sebagai efektivitas secara menyeluruh, tiga dokter spesialis ini juga sesekali dilibatkan dalam pelayanan kesehatan Puskesmas Apung yang berkeliling ke kampung-kampung terpencil di kecamatan yang ada di Mahakam Ulu.
"Jangkauan hingga sampai perbatasan, diikutkan dalam Puskesmas Apung. Sebagai contoh bulan depan selama seminggu si dokter spesialis anak disana. Bulan depan ditukar sama yang spesialis kandungan, yang dokter akan disuruh ke sana," ujarnya.

Dokter spesialis diberdayakan di Puskesmas Apung, setiap bulannya melayani ke perkampungan yang ada di kawasan hilir sebagai contoh di antaranya ke Memahak Teboq, Sirau, Lutan, Datah Bilang. Sedangkan yang di Hulu ke Long Apari dan Long Pahangai.

"Kan satu perahu bisa menampung 20 orang. Membawa tenaga kesehatan, bawa tim penyuluhan, bidan, dan perawat, dokter spesialis. Juga ada dapur umum sebuah tim yang sediakan urusan masak memasak," ujarnya. (ilo)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved