Maulid Nabi 2018

Mengenal "Sripuan" dalam Perayaan Maulid Nabi di Kota Kupang, Tradisi Lama yang Sarat Makna

Sripuan diadopsi dari budaya Melayu, yang dibawa oleh Adi Pati Amir saat diusir oleh Belanda dari Bangka Belitung pada tahun 1800-an.

Mengenal
(POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti)
Maulid Nabi 2018 : Mengenal Lebih Dekat Tradisi Sripuan yang Dilaksanakan di Kota Kupang 

Mengenal "Sripuan" dalam Perayaan Maulid Nabi di Kota Kupang, Tradisi Lama yang Sarat Makna 

TRIBUNKALTIM.CO - Tepat pada hari ini, Selasa (20/11/2018) seluruh umat muslim di tanah air merayakan hari raya Maulid Nabi 2018, tak terkecuali di Kota Kupang yang mengadakan tradisi Sripuan.

Masyarakat muslim di Kota Kupang merayakan Maulid Nabi 2018 dengan melaksanakan tradisi Sripuan. Tradisi Sripuan ini tak hanya diadakan dalam perayaan Maulid Nabi 2018 saja, tapi sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu di Kota Kupang.

Mengutip dari Pos-Kupang.com disebutkan bahwa tradisi Sripuan ini diadakan secara tradisional oleh umat muslim di Kota Kupang.

Lokasi perayaan ini bertempat di Masjid Albaitul Qadim Air Mata Kupang, pada Senin (19/11/2018) malam.

"Momen Maulid Nabi ini kita adakan secara tradisional, yakni Sripuan. Ini sudah empat kali kita adakan setiap tahun," ungkap sekretaris yayasan Masjid Albaitul Qadim Air Mata, Kupang, Syukur Dapubeang.

Potret Umat Islam di 8 Negara Dunia Merayakan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW

Muslim Mahulu Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Jadikan Rasul Cermin dalam Keseharian

Ia menjelaskan, Sripuan merupakan sebuah tradisi yang diadopsi dari budaya Melayu, yang dibawa oleh Adi Pati Amir saat diusir oleh Belanda dari Bangka Belitung pada tahun 1800-an.

Sosok Adi Pati Amir lah yang memprakarsai pendirian Masjid Albaitul Qadim Air Mata di Kota Kupang.

Tradisi Sripuan disimbolkan dengan buah-buahan, bunga, kuncup, batang yang dirangkai membentuk piramida, mirip seperti pohon dengan aneka bunga dan buah-buahan.

"Sripuan adalah simbol persatuan, keakaraban, toleransi dan gotong royong. Tidak hanya sesama umat muslim saja, tetapi juga dengan sesama yang berbeda keyakinan," ungkap Syukur Dapubeang.

Halaman
12
Editor: Doan Pardede
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved