Berita Video

VIDEO - Begini Cara Menggunakan Self Kiosk Check in di Bandara SAMS Sepinggan

Diharapkan para penumpang bisa dengan mudah menemukannya, karena di atas mesin terdapat tulisan besar "Kiosk Check in'', namun banyak dari

VIDEO - Begini Cara Menggunakan Self Kiosk Check in di Bandara SAMS Sepinggan
tribunkaltim.co/ cahyo
Belum berfungsi maksimal, penumpang belum memahami fungsi Kiosk Check In, Aswar Alif, seorang Teknisi Pots Bandara Sam Sepinggan Balikpapan, berikan penjelasan pengginaan Kiosk Check In, pada Rabu (21/11/2018) 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono Putro 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Setelah diresmikan sebagai salah satu alat  yang dapat mengurangi antrian penumpang,  kehadiran Kiosk Check In belum berfungsi maksimal.

Ternyata masih banyak penumpang yang belum memahami kegunaan dari 5 alat Kiosk yang tersedia di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaimans (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Rabu (21/11/2018).

Baca: Filipina VS Thailand Imbang, Indonesia Gagal Lolos Grup B Piala AFF Tinggal Tunggu Waktu

Baca: Menurut Akademisi, Ini Kondisi yang Biasanya Menjadi Penyebab Terjadinya Pembunuhan Sadis

Adanya mesin tersebut, dimaksudkan  agar dapat mempermudah proses Check In penumpang. Hal tersebut telaksana setelah pihak maskapai menyadari banyaknya keluhan akibat antrian yang panjang, maka dibuat fasilitas Self Kiosk Check In bagi penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Dengan adanya self check in, penumpang bisa mendapatkan boarding pass dengan sendirinya tanpa harus mengantri lagi di check in counter," ujar Aswar Alif, Teknisi Pots Bandara Sam Sepinggan Balikpapan.

Dari bentuknya yang seperti mesin ATM. Diharapkan para penumpang bisa dengan mudah menemukannya, karena di atas mesin terdapat tulisan besar "Kiosk Check in'', namun banyak dari para penumpang belum sepenuhnya paham akan fungsi Kiosk Check In tersebut.

Baca: Kuasa Hukum Sebut Sudah Pikirkan Matang, Postingan Gisel di Instagram Justru Berbeda

Baca: Cara Gisel Pamitan ke Keluarga Marten

Dari penjelasan Aswar untuk menggunakan Self Check in sangatlah mudah. 

"Baik saya coba praktekan ya, pertama kita lakukan beberapa tahap, setelah selesai kita hanya tinggal mengisi kode booking, kemudian nama belakang penumpang. Setelah itu langsung keluarlah nama kita," ujar Aswar.

Lalu, lanjutnya, penumpang langsung mengklik tombol boarding dan sudah keluar boarding pass. Aswar meyakini dengan adanya Self Kiosk check in akan membantu penumpang melakukan perjalanan.

"ini sangat mempermudah penumpang tanpa mengantri lebih panjang terutama untuk penumpang-penumpang yang perjalanannya simpel. Itu tidak perlu bagasi dan langsung boarding pass sendiri," ujarnya.

Mesin yang telah ditersedia didekat statiun keberangkatan Lantai 3, Bandara Sepinggan, dan juga ada personil Bandara yang bersedia memberi bantuan sekaligus asistensi mengenai layanan baru tersebut. 

Simak Videonya :

 

(*)

Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved