Wapres Jusuf Kalla Bakal Kunjung Balikpapan, 1.400 Personel Dikerahkan untuk Pengamanan

Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto meninjau kesiapan pengamanan tempat kunjungan kerja Wakil Presiden H Jusuf Kalla

istimewa/Polda Kaltim
Pangdam VI Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto meninjau kesiapan pengamanan tempat kunjungan kerja Wakil Presiden H Jusuf Kalla di Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Rabu (21/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani  

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pangdam VI Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto meninjau kesiapan pengamanan tempat kunjungan kerja Wakil Presiden H Jusuf Kalla di Balikpapan.

Keduanya meninjau 2 lokasi, yakni Pondok Pesantren Hidayatullah di Balikpapan Timur dan ruan VVIP Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Rabu (21/11/2018).

"Panglima dan Kapolda melakukan peninjauan gladi rute, pengecekan kesiapan lokasi. Koreksi apa yang kurang dalam kegiatan tersebut," kata Kapendam VI Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino.

Baca: Fahri Hamzah dan Jusuf Kalla Beda Pandangan soal Pembiayaan Kartu Nikah

Dikatakan Dino, sejauh ini tak ada kendala dari segi keamanan. TNI-Polri memastikan situasi keamanan wilayah kondusif. Kemudian pihaknya siap mengawal dan mengamankan kunjungan kerja orang nomor 2 bangsa ini.

"Sekitar 1400 personel TNI-Polri dikerahkan untuk pengamanan. Kita pakai sistem sesuai dengan SOP Paspampres, ada ring 1, ring 2 dan ring 3. Prinsipnya kami siap amankan," ungkapnya.

"Sekitar 2 sampai 3 jam saja di Balikpapan. Pembukaan silaturahmi nasional itu, kemudian jam 12 siang kembali.ke Jakarta," sambungnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, Satgas Pengamanan Wilayah (Panwil) terus berkoordinasi dengan semua pihak. Baik itu pemerintah, swasta, termasuk panitia kegiatan terkait kunjungan RI-2 ini.

“Kita bekerjasama dengan TNI mengikuti formasi yang sudah diatur dalam beberapa giat dan prioritas pam kepolisian pada pam lokasi dan jalur,” ujarnya.

Baca: Jusuf Kalla Sebut Istilah Politikus Sontoloyo dan Genderuwo Masuk Kampanye Negatif

Meskipun titik yang relatif pendek dan rute kunjungan Wapres yang tidak terlalu jauh, pihaknya menjamin pengamanan dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai standar prosedur.

“Apapun itu akan diantisipasi sehingga tidak ada celah bagi oknum-oknum tertentu untuk melakukan rencana mereka. TNI-Polri dan komponen lainnya sangat siap melakukan pengamanan ini,” tegasnya.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved