Hari Ikan Nasional, Balai Karantina Juga Turut Suarakan, Ayo Makan Ikan

Kadson Batubara, Kepala Pengawasan BKIPM juga turut mensosialisasikan tema dari harkanas ini yaitu "Ayo Makan Ikan".

Hari Ikan Nasional, Balai Karantina Juga Turut Suarakan, Ayo Makan Ikan
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
ILUSTRASI - Murid SD mengikuti lomba makan ikan yang digelar di PPI Selili, Jalan Lumba-Lumba, Kota Samarinda, Senin (11/12/2017). 

Hari Ikan Nasional, Balai Karantina Juga Suarakan 'Ayo Makan Ikan'

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Andrias Hillbert Lapian

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari Ikan Nasional yang jatuh pada Rabu (21/11/2018) adalah yang pertama pada tahun ini.

Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) di Balikpapan mengakui memang belum ada acara terkait hari yang diperingati secara nasional ini.

Namun Kadson Batubara, Kepala Pengawasan BKIPM mengatakan bahwa ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh BKIPM untuk tahun ini.

BKIPM selaku badan dibawah Kementerian Perikanan dan Kelautan sudah memusnahkan ikan-ikan predator yang invasif ke Indonesia.

Ia kembali menegaskan bahwa ikan-ikan tersebut dapat membahayakan keseimbangan ekosistem laut di perairan Indonesia jika dibiarkan. Pasalnya ikan-ikan predator di Indonesia juga banyak jumlahnya.

"Terkait ikan invasif kita sudah musnahkan semuanya, karena ikan-ikan ini bisa membahayakan laut, predator di Indonesia saja sudah banyak, apalagi kalau ditambah mereka," jelasnya.

Selain itu BKIPM sudah menjalankan fungsinya sebagai balai karantina yang mengawasi ikan dalam sisi mutunya.

Dalam hari ikan nasional ini, BKIPM juga turut mensosialisasikan tema dari harkanas ini. Tema yang dijunjung yaitu "Ayo Makan Ikan". Kadson menegaskan bahwa BKIPM juga mengimbau bahwa masyarakat dapat mengkonsumsi ikan.

"Ikan ini kaya dengan omega dan asam aminonya, dan semua elemen masyarakat dapat memakannya, jadi ayo makan ikan warga Balikpapan," tegas pria pernah bekerja di Papua tersebut.

Dalam kunjungan Tribunkaltim.co ke BKIPM Balikpapan, Kadson mengajak melihat koleksi dari ikan-ikan yang biasa dikarantina.

Kebanyakan jenisnya adalah yang biasa yang dikonsumsi oleh masyarakat seperti Kerapu, Bawal, dan ikan-ikan air tawar. (*)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved