Menjelang Puncak Mudik Natal, Tarif Speedboat Mahakam Ulu Tidak Naik

Dishub Mahulu Provinsi Kalimantan Timur mengungkapkan, setiap jasa angkutan transportasi air yang mengangkut penumpang tak ada kenaikan harga.

Menjelang Puncak Mudik Natal, Tarif Speedboat Mahakam Ulu Tidak Naik
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Transportasi air perahu motor cepat jurusan Ujoh Bilang-Tering Kutai Barat, menambatkan ke Dermaga Utama Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (18/11/2018) sore.  

Menjelang Puncak Mudik Natal, Tarif Speedboat Mahakam Ulu Tidak Naik

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur mengungkapkan, setiap jasa angkutan transportasi air yang mengangkut penumpang pada Desember nanti, menjelang perayaan Natal tidak ada kenaikan harga.

Hal ini ditegaskan oleh Sudarno, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Air Dishub Mahulu saat berbincang dengan Tribunkaltim.co, di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kamis (22/11/2018).

“Tidak ada yang naik. Masuk Desember, pas menjelang arus mudik natal, jasa angkutan speedboat harga masih sama, tidak ada kenaikan,” ujarnya.

Gisella Anastasia Ungkap Gading Marten Pernah Tidur Satu Kasur dengan Sahabatnya

 

Berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, jasa angkutan air Sungai Mahakam dari Long Bagun menuju Tering Kabupaten Kutai Barat tidak terjadi kenaikan tarif, masih berlaku harga normal seperti biasanya.

Sekarang ini harga pasaran yang berlaku untuk tarif dari Ujoh Bilang Mahakam Ulu ke Tering Kutai Barat, begitu sebaliknya hanya dikenakan biaya Rp 300 ribu per orang.

"Kecuali pas hari Natal itu tidak ada speedboat. Mau cari pas Natal susah, kan semua motoris speedboat ikut rayakan Natal juga. Liburan sama keluarga. Saya imbau jangan mudik pas Natal, susah cari perahu,” ujarnya.

Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis (22/11/2018): Gemini Punya Musuh dalam Selimut, Libra Awal Kisah Cinta

DOWNLOAD di Sini! Pemerintah Keluarkan Aturan Baru Kriteria Lulus SKD CPNS 2018

 

Sementara, ungkapnya, untuk program speedboat subsidi bagi warga yang beridentitas penduduk Mahakam Ulu kemungkinan hanya sampai beroperasi awal Desember saja untuk yang jurusan Ujoh Bilang ke Tering dan yang ke hulu dari Ujoh Bilang ke Kecamatan Long Apari sudah habis.

Menurutnya, alat transportasi air berupa speedboat di Kabupaten Mahakam Ulu merupakan hal yang utama, menjadi andalan pokok karena jalur darat tembus dari Mahakam Ulu ke Kutai Barat belum sepenuhnya layak dipakai, masih dalam bentuk jalanan liar yang tidak bisa dilalui jenis kendaraan biasa.

Jelang Persib Bandung vs Perseru Serui, 5 Fakta Tentang Kasus Suap hingga Kans Juara Liga 1 2018

Borneo FC vs Persela Lamongan - Panpel Rilis Harga Tiket untuk Laga di Stadion Segiri Samarinda

Persib Bandung vs Perseru Serui - Ezechiel Ndouassel Absen, Mario Gomez Siapkan 2 Sosok Pengganti

Saat ditanya mengenai persiapan Dinas Perhubungan Mahakam Ulu melakukan inspeksi kelayakan operasional seluruh speedboat di masa mudik lebaran Natal, pihaknya kemungkinan tidak bisa secara mendalam melakukan cek kelayakan speedboat seperti di daerah kota besar lainnya.

“Satu kelemahan kami di sini (Dinas Perhubungan), kami belum diisi oleh sumber daya manusia yang bisa berwenang lakukan cek kelayakan dan keamanan speedboat beroperasi di masa mudik nanti. Saya hanya berharap, semua pemilik speedboat bisa jamin kelayakan beroperasi, biar sama-sama enak,” katanya. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved