Untuk Pasien Diabetes Persadia bakal Adakan Talkshow dan Konsultasi, Catat Tanggalnya

Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) di Balikpapan akan mengadakan 19th Balikpapan Diabetes Day 2018 di Kantor Walikota Balikpapan

Untuk Pasien Diabetes Persadia bakal Adakan Talkshow dan Konsultasi, Catat Tanggalnya
TRIBUN KALTIM / ARIF FADILLAH
World Diabetes Day 2016 berlangsung di halaman Kantor Walikota Balikpapan, Minggu (20/11/2016). 

Untuk Pasien Diabetes Persadia Adakan Talkshow dan Konsultasi, Catat Tanggalnya

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Andrias Hillbert Lapian

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari Diabetes Dunia yang jatuh pada tanggal 14 November lalu juga turut dirayakan di Balikpapan.

Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) di Balikpapan akan mengadakan 19th Balikpapan Diabetes Day 2018 di Kantor Walikota Balikpapan pada Minggu (25/11/2018).

Kegiatan yang menurunkan tema dari International Diabetes Federation (IDF) yaitu The Family and Diabetes akan menggelar banyak kegiatan mulai pukul 06.30 Wita.

Baca: Begini Ungkapan Sederet Artis Tanggapi Kabar Gisella Anastasia Gugat Cerai Gading Marten

Baca: BREAKING NEWS - 7 Warga Pulau Maratua Diduga Keracunan Kerang, 1 Meninggal Dunia!

Baca: Kombes Pol Budi Suryanto Panggil Semua Kasat Reskrim Polres, Ini yang Dibidik

Seperti yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, bahwa Diabetes dapat diturunkan oleh keluarga. Demikian dikatakan oleh ketua Persadia di Balikpapan, Dr. Lukman Hatta, dalam kesempatan yang ada.

Ia menjelaskan bahwa keluarga juga turut berperan dalam memerangi penyakit diabetes. Maka itu ia mengundang anggota Persadia yang merupakan pasien bersama dengan anggota keluarga untuk mengikuti kegiatan ini.

"Anggota Persadia adalah pasien-pasien diabetes dan keluarganya, karena keluarga penting untuk mendukung, percuma kita kasih ceramah pasien diabetes tapi istri anak di rumah gak tau menjaga asupan," jelasnya.

Kegiatan ini dianggapnya sebagai yang paling meriah dari sebelum-sebelumnya. Pasalnya dalam bulan ini juga Persadia merayakan hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November.

Ilustrasi - Penyakit diabetes
Ilustrasi - Penyakit diabetes (Everyday Health)

Kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat bagi pasien Diabetes yang ada di Balikpapan. Terdapat konsultasi dan talkshow yang akan mendatangkan seorang pakar dalam penyakit ini.

Yaitu Dr Wismandari, SpPD, KEMD dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Gelar terakhir dokter ini merupakan spesialis untuk penyakit Diabetes.

Selain itu akan ada senam khusus untuk penderita diabetes. Senam ini dikatakan Dr Lukman Hatta dapat diikuti oleh pasien diabetes yang sulit menggerakkan anggota badan.

Tak lupa Persadia tentunya akan mengundang Walikota Rizal Effendi yang juga sebagai pelindung dari organisasi yang berdiri tahun 2000 ini.

Ada pula pemeriksaan kesehatan mata, gigi, dan gizi yang dapat diperburuk oleh Diabetes. Doorprize dan souvenir bagi peserta juga akan memeriahkan salah satu perhelatan kesehatan terbesar di Balikpapan ini. (*)

Penulis: Andrias Hillbert Lapian
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved