Berita Video

VIDEO - Serunya Mengisap Madu Kalulut Langsung dari Sarangnya

“Rasanya segar karena langsung disedot dari sarangnya. Bedanya madu kalulut ini agak asam, tapi tetap enak,” ucapnya.

VIDEO - Serunya Mengisap Madu Kalulut Langsung dari Sarangnya
TRIBUN KALTIM/RAHMAT TAUFIQ
HISAP MADU - Suwondo (kiri), warga Dusun Pulo Mas RT 03, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, sedang mengisap madu kalulut dalam botol yang sudah dipanen. Harga 350 cc madu kalulut mencapai Rp 200 ribu. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rahmad Taufik

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Suwondo (52), warga Dusun Pulo Mas RT 03, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, sedang menikmati hasil panen madu kalulut atau madu bukan berasal dari lebah, melainkan dari spesies triguna. Dari 20 koloni, ada beberapa sarang yang menghasilkan cairan madu.

Bahkan, pengunjung yang pesan langsung ke lokasi budidaya madu kalulut ini bisa menyedot cairan madu dari sarangnya dengan menggunakan pipet atau sedotan. Rianto, seorang pengunjung, mengaku ketagihan usai menyicipi madu kalulut ini.

 “Rasanya segar karena langsung disedot dari sarangnya. Bedanya madu kalulut ini agak asam, tapi tetap enak,” ucapnya. Sehari Suwondo bisa menjual sampai 2 liter madu dengan harga Rp 1,8 juta. 

Baca: Ungkap Data Black Box, KNKT Sebut Masalah Saat Pesawat Jatuh Sudah Ada pada Penerbangan Sebelumnya

Baca: Canda Prabowo Soal PBB (Partai Buatan Bowo), Begini Tanggapan Yusril

Suwondo membudidayakan madu kalulut sudah hampir 2 tahun. Awalnya, dia menemukan satu koloni kalulut di kebunnya. Lalu ia memecahnya menjadi 2 koloni hingga sekarang terus berkembang menjadi 20 koloni.

Ia memanen madu kalulut tiap 3 bulan sekali. Satu koloni yang kuat dan besar bisa menghasilkan setengah liter madu kalulut. Madu kalulut ini memiliki kandungan propolis, bivolin, royal jelly, binifum yang diyakini kualitasnya lebih baik dari lebah madu.

Baca: Ini Pandangan Andik Vermansyah soal Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Baca: Ini Daftar 10 Suku Paling Terisolasi dan Berbahaya di Dunia, Punya Senjata Api hingga Dart Beracun

Ia mengembangkan triguna dari spesies itama yang madunya agak asam tapi menghasilkan propolis lebih banyak. Kandungan propolis yang lebih banyak ini sangat baik untuk pengobatan penyakit, seperti jantung, ginjal, darah tinggi dan hepatitis. Sekali panen, ia bisa menghasilkan 6 liter madu. Suwondo mengemas madu kalulut ini dalam botol air mineral isi 350 cc. Harganya mencapai Rp 300 ribu. 

"Pengunjung bisa menyedot langsung madu kalulut hanya dengan membayar Rp 10 ribu untuk 4 kantong madu yang diisap," ujarnya.

Simak Videonya :

(*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved