Peduli Kelestarian Hutan, Karyawan Transkon Tanam Pohon di Hutan Lindung Sungai Wain

PT Transkon Rent bekerjasama dengan Badan Pelaksana HLSW & DAS Manggar mengadakan kegiatan penanaman pohon di kawasan HLSW

Peduli Kelestarian Hutan, Karyawan Transkon Tanam Pohon di Hutan Lindung Sungai Wain
IST
TANAM POHON - Karyawan PT Transkon melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam 50 bibit Meranti dan Bengkirai di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Minggu (25/11). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sumber daya alam punya peranan penting bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar. Untuk melestarikan lingkungan, keberadaan hutan lindung perlu mendapat perhatian lebih. Salah satunya adalah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang menjadi salah satu objek wisata unggulan Kota Balikpapan.

Hutan tropis seluas 10.025 hektare tersebut merupakan kombinasi hutan asli dan hutan buatan. Wilayah HLSW terbagi atas beberapa bagian yaitu hutan depterocarpa dataran rendah, hutan dipterocarpa perbukitan, hutan rawa terbuka dan air tawar, hutan riparian serta terdapat Sungai Wain yang mengalir sepanjang 18.300 meter dengan hutan bakau di tepinya.

Namun ancaman kelestarian HLSW masih terjadi. Aktivitas pembukaan lahan untuk ladang seringkali menjadi tak terkendali. Pembakaran dan penebangan pohon secara liar menyebabkan degradasi hutan yang berakibat penurunan jumlah cadangan air dalam tanah di kawasan hutan lindung.

Baca: Dukung Ketahanan Pangan, Masyarakat Gelar Ritual Adat Laliq Ugaal

Melihat permasalahan tersebut, PT Transkon Rent bekerjasama dengan Badan Pelaksana HLSW & DAS Manggar mengadakan kegiatan penanaman pohon di kawasan HLSW, Minggu (25/11) kemarin sekaligus untuk menyukseskan program Hari Penanaman Nasional.

"Kami sangat peduli dengan masalah penyelamatan alam dan kelestarian lingkungan," kata Lexi Rompas Operation Manager PT Transkon.

Menurut Lexi, seluruh karyawannya dikerahkan untuk penanaman pohon Meranti dan Bengkirai. Kedua pohon ini merupakan pohon langka dan sangat berguna untuk menjaga kelestarian hutan.

Lexi pun menyampaikan bahwa PT Transkon sudah lama melakukan kerjasama dengan HLSW dalam rangka menjaga kelestarian hutan, salah satunya menyumbangkan CSR berupa dua mobil double gardan untuk operasional HLSW.

Sementara itu Manajer Pengelolaan Kawasan Sungai Wain Agusdin mengatakan, sumbangan yang diberikan PT Transkon sangat membantu petugas hutan, sebab mereka bisa mengawasi hutan sampai kawasan paling dalam.

Baca: Hari Guru Nasional, Perkembangan Teknologi Jadi Tantangan Guru Abad 21

"Hutan ini masih asli, dekat dengan kota. Keanekaragaman hayati masih bisa terjaga. Kami sangat terbantu dengan adanya pihak swasta memperhatikan Sungai Wain," ujar Agusdin .

Didampingi para petugas dari HLSW karyawan PT Transkon semangat menanam 50 bibit pohon Meranti dan Bengkirai. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved