BPJS Ketenagakerjaan

Sosialisasi Program, BPJS Ketenagakerjaan Bagikan Paket Sembako

Program Bukan Penerima Upah (BPU) tersebut ditujukan untuk para pekerja mandiri dan informal, seperti pekerja bangunan, supir angkot, dan buruh.

Sosialisasi Program, BPJS Ketenagakerjaan Bagikan Paket Sembako
TRIBUN KALTIM
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan, Kusumo menyerahkan paket sembako kepada masyarakat yang menjadi peserta sosialisasi. 

BALIKPAPAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus melakukan sosialisasi program pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) kepada pesertanya, seperti yang dilakukan pada Sabtu (24/11) di kantor BPJS Ketenagakerjaan, jalan Jenderal Sudirman, kawasan Balikpapan Permai.

Program Bukan Penerima Upah (BPU) tersebut ditujukan untuk para pekerja mandiri dan informal, seperti pekerja bangunan, supir angkot, buruh angkut pasar, tukang ojek, pedagang sayur, dan lain sebagainya.

Para peserta BPJS Ketenagakerjaan Bukan Penerima Upah akan mendapatkan manfaat Jaminan Keselamatan Kerja dan Jaminan Kematian, cukup dengan membayar iuran minimal 16.800 rupiah per bulan.

Untuk program jangka panjang, program tambahan yaitu Jaminan Hari Tua juga dapat dimanfaatkan bagi para pekerja informal tersebut. Para peserta hanya cukup membayar iuran 20.000 rupiah, para peserta akan mendapatkan manfaat seperti menabung tanpa dipotong sepeserpun di bawah 50 juta.

"Bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, disamping mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batas, kemudian pengganti penghasilan yang hilang, dan santunan kematian, para peserta juga akan mendapatkan beasiswa untuk 1 anaknya," ujar Kusumo, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan.

Para peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal karena kecelakaan kerja, langsung akan diberikan jaminan berupa beasiswa sebesar 12 juta untuk 1 anak. Bagi peserta yang meninggal dunia karena sakit, akan tetap diberikan beasiswa 12 juta untuk 1 anak dengan dengan periode kepesertaan minimal 5 tahun.

Tidak hanya itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menambah manfaat dengan memberikan diskon-diskon khusus dibeberapa sektor, misalnya pada Amanda Brownies atau beberapa hotel di Balikpapan, yaitu Aston Hotel, Hotel Ibis, Novotel, Hotel Grand Tjokro, dan lain sebagainya. "Diskon tersebut dapat diklaim dengan menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk dimana saja dan besaran diskon dapat dilihat di website resmi BPJS Ketenagakerjaan, www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan bisa digunakan di seluruh Indonesia. Misal sedang ada di Jogja, atau Jakarta, bisa, dengan menunjukkan kartu peserta tadi," ujarnya.

Sosialisasi mengenai program BPU ini diberikan kembali kepada peserta, agar peserta mengetahui manfaat bagi dirinya dan anggota keluarganya, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Makanya kami sosialisasikan kembali mengenai program BPU kepada para peserta yang sudah menjadi peserta. Jadi kami lakukan sosialisasi terus-menerus tau manfaatnya, jadi memikirikan jangka pendek dan jangka panjang dengan jaminan perlindungan jika terjadi resiko ketika semisal pekerja yang menjadi tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan kerja, meninggal dunia karena sakit, ada jaminannya untuk menjamin kelanjutan hidup keluarganya," ujar Kusumo.

Ditambah lagi dengan adanya agen Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai), yang bertindak selayaknya agen yang menjembatani dan dapat membantu para peserta untuk kebutuhan informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan ataupun pembayaran iuran.

"Melalui agen Perisai yang ada dimasing-masing kelurahan, akan membantu sosialisasi mengenai program BPJS Ketenagakerjaan. Ketika menggelar acara sosialisasi di kelurahaan, kami dipanggil untuk mengisi. Harapannya dengan ini, seluruh masyarakat mengetahui program BPJS Ketenagakerjaan BPU ini," pungkas Kusumo.

Sosialisasi program BPU tersebut dibalut dengan Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan, yaitu program sembako murah setengah harga, yang disediakan sebanyak 3246 paket khusus untuk para peserta program BPU, untuk memperingati HUT BPJS Ketenagakerjaan yang ke-41.

5 Kg Beras, 4 liter minyak goreng dan 2 Kg gula seharga Rp 150.000, namun khusus untuk peserta BPU ditawarkan dengan harga Rp 75.000.

Dengan digelarnya sosialisasi ini, Kusumo berharap masyarakat akan mengetahui manfaat yang dapat diterima dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan melalui para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut.

Caps: Kusumo, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan kota Balikpapan (kiri) saat memberikan paket sembako murah secara simbolis kepada lima peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam acara Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan program Bukan Penerima Upah (BPU), yang dibalut dengan pasar murah setengah harga, yang dibagikan khusus untuk peserta BPU, sebanyak 3246 paket, di kantor BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan, jalan Jenderal Sudirman, kawasan Balikpapan Permai, pada Sabtu (24/11). (*)

Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved