Beredar Isu Jargas Bocor di Kawasan Sumber Rejo Balikpapan, Ternyata Ini yang Terjadi

warga Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah dihebohkan dengan aroma Gas yang berasal dari Jaringan Gas (Jargas)

Beredar Isu Jargas Bocor di Kawasan Sumber Rejo Balikpapan, Ternyata Ini yang Terjadi
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Pembangunan galian tanah untuk saluran jargas di kawasan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim pada Kamis (5/7/2018) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Beberapa hari lalu warga Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah dihebohkan dengan aroma Gas yang berasal dari Jaringan Gas (Jargas) yang saat ini masih dalam progres pembangunan

Hal itu langsung dibenarkan oleh Kabag Ekonomi Pemkot Balikpapan Arzaedi Rachman yang ditemui Tribun Kaltim sebelum rapat paripurna di kantor DPRD Balikpapan, Senin (26/11/2018)..

Arzaedi mengatakan, benar memang ada laporan masyarakat mengenai kebocoran pipa gas, sebenarnya bukan karena kebocoran melainkan uji test sehingga masyarakat ada reaksi.

"Sedang ada pengerjaan test komisioning, kalau semacam pengerjaan pipa PDAM setelah penggalian ditutup dan dialirkan air, jika ada kebocoran ketahuan ada rembesan air. Ini kah gas setelah pipanya ditanam, ditutup lalu dilakukan komisioning, dalam proses komosioning ditambahkan cairan odorant, yang menurut keterangan dapat menimbulkan bau, dan tidak masalah jika terhirup oleh masyarakat," kata Arzaedi.

Baca: Jargas Akan Segera Diujicoba di 5 Kelurahan Kecamatan Penajam, Catat Tanggalnya

Arzaedi menyebutkan, pada saat ada aroma bau yang dilaporan oleh warga, para petugas langsung berdatangan, untuk membenahi. Sehingga, ketika ada kebocoran langsung dibenarkan dan tidak menimbulkn kewaspadaan terhadap warga sekitar

Diketahui pengerjaan Jargas di Balikpapan ditargetkan sampai akhir tahun, saat ini pengerjaan tinggal penyambungannya pipa.

Mengenai isu kebecoran pipa ini sendiri sudah dilaporkan kepada Lurah dan Camat setempat. Dimana tes komosioning dalam pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan pipa transmisi.

"Maka dilakukan pekerjaan tes kebocoran Pipa. Dalam tes kebocoran pipa ini akan menimbulkan kebisingan dan bau yang tidak sedap. Dimana dapat mengganggu kenyamanan warga," kata Arzaedi.

Baca: Pipa Jargas Dibiarkan tak Terurus, 4.500 Warga Samarinda Menunggu Gas Mengalir

Warga dihimbau tidak panik dan khawatir terkait dampak yang ditimbulkan dari tes kebocoran pipa. Jika warga merasakan bau menyengat terkait kebocoran pipa pekerjaan tersebut, dapat segera menghubungi Bambang Haryanto 0813 4714 0808 atau
Muhito Suanto 0822 5206 1055, agar kebocoran dapat segera ditundaklanjuti.

Seperti berita sebelumnya, Kelurahan Sumber Rejo, Kelurahan Karang Rejo, Kelurahan Karang Jati, dan Kelurahan Gunung Sari Ulu, yang masuk dalam jalur Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk rumah tangga dan pipa transmisi.

Ditahun 2018 Balikpapan mendapatkan bantuan sekitar 5.000 jaringan gas yang tersebar di 10 sektor. Diharapkan tahun depan Balikpapan mendapatkan bantuan yang sama dari Kementerian ESDM.

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved