Mancanegara

Seorang Pria Didakwa Pencucian Uang Karena Simpan Uang Miliaran di Mesin Cuci

Pemeriksaan itu sebenarnya dilakukan untuk mencari penduduk yang tak terdaftar tetapi malah mendapatkan temuan yang lebih berharga.

INT
Simpan uang di mesin cuci 

TRIBUNKALTIM.CO, AMSTERDAM - Kepolisian Belanda menangkap seorang pria setelah menemukan uang bernilai 350.000 euro atau sekitar Rp 5,7 miliar di dalam mesin cucinya.

Setelah ditangkap, pria itu dijerat dakwaan melakukan pencucian uang. Dakwaan yang amat cocok bukan? Dalam pernyataan resminya, kepolisian mengatakan, tengah memeriksa sebuah rumah di wilayah barat kota Amsterdam, Senin (26/11).

Pemeriksaan itu sebenarnya dilakukan untuk mencari penduduk yang tak terdaftar tetapi malah mendapatkan temuan yang lebih berharga.

Sebuah foto yang diunggah ke situs resmi kepolisian Amsterdam memperlihatkan tumpukan uang sebagian besar pecahan 20 dan 50 euro, dijejalkan ke dalam mesin cuci.

Baca: Pelaku Penikaman di Jalan Telaga Mas Diringkus Polisi

Selain menemukan tumpukan uang tunai, polisi juga mndapatkan mesin penghitung uang, sepucuk pistol, dan beberapa telepon genggam.

Kepolisian Belanda hingga saat ini belum membuka identitas tersangka yang berusia 24 tahun itu.
Keputusan ini sejalan dengan aturan di Belanda yang amat menjaga privasi seseorang.

Baca: Wapres Jusuf Kalla Angkat Bicara Tanggapi Janji Kampanye PKS soal Penghapusan Pajak Sepeda Motor

"Pemerintah lokal mengatakan, tidak ada orang yang tinggal di alamat itu," ujar kepolisian kepada CNN.

"Saat polisi datang menggeledah rumah itu, petugas menemukan uang 350.000 euro disembunyikan di dalam mesin cuci," tambah polisi.

Polisi menambahkan, penggeledahan itu sebenarnya bagian dari operasi untuk menyisir "warga hantu" yaitu mereka yang tinggal di Amsterdam tetapi tidak terdaftar di mana pun.

Baca: Menlu Turki Sebut Jamal Khashoggi Dibunuh Dalam Waktu 7 Menit

Rumah yang diperiksa dipilih berdasarkan beberapa hal misalnya kondisi kosong, diduga merupakan hasil penipuan, atau terdapat tanda kegiatan kejahatan di dalamnya. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Simpan Uang Rp 5,7 Miliar di Mesin Cuci, Pria Ini Didakwa Mencuci Uang https://internasional.kompas.com/read/2018/11/27/16241151/simpan-uang-rp-57-miliar-di-mesin-cuci-pria-ini-didakwa-mencuci-uang

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved