CPNS 2018

Update, Ini Jadwal dan Jumlah Peserta Tes SKB CPNS 2018 di Samarinda

peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Samarinda, akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Update, Ini Jadwal dan Jumlah Peserta Tes SKB CPNS 2018 di Samarinda
TRIBUN KALTIM / RAFAN DWINANTO
Para peserta bersiap mengikuti seleksi CPNS Pemkot Samarinda di SMKN 1 

Update, Ini Jadwal dan Jumlah Peserta Tes SKB CPNS 2018 di Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 572 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Samarinda, akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) lalu, SKB ini akan digelar di SMK Negeri 1 Samarinda, 1-2 Desember, ini. Hal ini diungkapkan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Samarinda, Nurhikmah, Selasa (27/11/2018).

Sejatinya, kata Nurhikmah, dari 3.197 peserta yang mengikuti SKD, hanya 95 peserta yang lolos passing grade. Namun, terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan 61 Tahun 2018), membuat sebagian peserta yang semula tak lolos passing grade SKD, menjadi lolos.

"Kalau sebelumnya, passing grade itu 300 sekian. Tapi, pada Permenpan 61, passing grade diturunkan menjadi 255," kata Nurhikmah.

Baca: Permudah Peserta CPNS 2018, Opsi Tambahan Tilok SKB di Luar Ibukota Provinsi Terus Dijajaki

Nurhikmah menjelaskan, peserta SKB dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok I merupakan 95 peserta yang dinyatakan lolos passing grade tahap awal. Sedangkan Kelompok II, merupakan mereka yang tak lolos passing grade awal, namun menjadi lolos lantaran adanya penurunan passing grade yang diatur Permenpan 61.

"Jadi, yang kelompok I, akan bersaing dengan kelompoknya sendiri. Saingannya lebih sedikit. Sedangkan kelompok II, juga bersaing dengan kelompok sendiri. Meskipun dalam pelaksanaan SKB nanti kelompok I dan II dalam satu ruangan, namun mereka akan dipisahkan sistem dan aplikasi," urai Nurhikmah.

Dari hasil konsultasi ke Kementrian PAN, kata Nurhikmah, tiap satu formasi CPNS akan diisi oleh tiga peserta. Tiga peserta ini diranking berdasarkan hasil SKD. Kendati pada tahap SKD awal mereka tak lolos passing grade.

"Jadi misalnya ada formasi satu guru, berarti pesertanya ada tiga. Tapi, kalau ada formasi dua guru, pesertanya berarti ada enam. Jadi, tiap satu formasi, akan ada tiga peserta," urainya.

Baca: Info Terbaru, Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 Kemenkumham, Bocoran Lokasi Penyelenggaraan SKB

Seperti SKD, SKB juga akan dibagi ke dalam beberapa sesi. Hari pertama, dibagi menjadi tiga sesi. Mulai pukul 10.00 Wita, hingga 17.15 Wita. Sedangkan pada hari kedua, kata Nurhikmah, dibagi menjadi empat sesi mulai pukul 07.30 hingga 17.15. "Kita pakai tiga ruang saja di SMK Negeri 1," katanya.

Sekadar informasi, ke 572 peserta ini akan memerebutkan 313 formasi yang tersedia di lingkup Pemkot Samarinda. Meski demikian, Nurhikmah menyebut ada kuota empat formasi yang dipastikan tak terisi. Yakni formasi dokter spesialis.

Baca: Update Pengumuman Hasil Tes SKD Kementerian Agama di Kemenag.go.id, Ada 3 Poin SKB CPNS Kemenag 2018

"Untuk formasi dokter spesialis dipastikan tak terisi meski passing grade diturunkan. Karena memang tak ada pelamarnya," tutur Nurhikmah.

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved