Kenalkan Seni Budaya Daerah, DKB akan Tampilkan Opera Putri Ronggeng di Makassar

Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) akan menampilkan pementasan Opera Putri Ronggeng di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 30 November 2018.

Kenalkan Seni Budaya Daerah, DKB akan Tampilkan Opera Putri Ronggeng di Makassar
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Suasana geladi resik persiapan pementasan opera Putri Ronggeng di gedung DKB. 

Kenalkan Seni Budaya Daerah, DKB akan Tampilkan Opera Putri Ronggeng di Makassar

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dewan Kesenian Balikpapan (DKB) akan menampilkan pementasan Opera Putri Ronggeng di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 30 November 2018.

Pementasan opera tunggal tersebut bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Balikpapan kepada masyarakat luas.

Pada geladi resik yang dilakukan selasa malam, (27/11/2018) di sekretariat DKB, terlihat para penari sangat serius melakukan tarian guna menampilkan performa terbaiknya.

Lekukan demi lekukan terlihat gemulai ditubuh para penari yang asyik mengikuti irama musik yang mengiringi jalannya cerita.

Sutradara Opera Putri Ronggeng, Zainal D Abidin menjelaskan, Opera Putri Ronggeng ini menceritakan tentang jalinan api cinta yang membara antara Aji Raina yang merupakan seorang penari ronggeng pesisir berdarah biru keturunan kerajaan Kutai Lama dengan seorang nelayan muda pesisir bernama Maruni.

Disangka Menangis di Atas Panggung karena Luna Maya, Begini Jawaban Ariel Noah

BKN Umumkan 268 Peserta CPNS 2018 Kemenlu yang Berhak Ikut SKB, Cek Namamu di Sini!

 

Lanjutnya, Jalinan cinta dua insan berbeda kasta itu mendapat penolakan dari ibunda Aji Raina yaitu Aji Melati Raisa yang tidak menyetujui hubungan mereka.

"Jalinan cinta mereka berdua yang kuat sehidup semati membuat prahara keluarga di kalangan bangsawan keraton dan dianggap melanggar tatanan adat," ucapnya.

Diteruskan Zainal, dalam sebuah acara latihan tari oleh Aji Raina bersama temannya, di situlah Aji Raina sang putri ronggeng mengekspresikan kisah cintanya dengan Maruni pemuda nelayan itu.

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved