Mangrove Center Graha Indah Balikpapan Kini Dilengkapi Pintu Gerbang Bantuan APHI

Mangrove Center Graha Indah Balikpapan Kini Dilengkapi Pintu Gerbang Bantuan APHI

Mangrove Center Graha Indah Balikpapan Kini Dilengkapi Pintu Gerbang Bantuan APHI
TRIBUN KALTIM / FACHMI RACHMAN
Mangrove Center Graha Indah Balikpapan Kini Dilengkapi Pintu Gerbang Bantuan APHI 

Mangrove Center Graha Indah Balikpapan Kini Dilengkapi Pintu Gerbang Bantuan APHI

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Demi memberikan kenyaman bagi wisatawan, Mangrove Center Graha Indah Balikpapan mendapat bantuan berupa pintu gerbang yang diberikan oleh Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Selasa (27/11/2018).

Ketua Kelompok Mangrove Center Graha Indah Balikpapan, Agus Bei, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Dengan adanya bantuan pintu gerbang ini sudah menjadi ikon internasional bagi turis asing sering datang ke Mangrove ini.

"Saya mengibaratkan Mangrove Center ini seperti gadis cantik. Jika tidak dipoles dan dibumbui make up maka tidak bisa menikmati kecantikannya. Artinya dipoles tampilannya minimal cantik luarnya dan dalamnya sehingga elok jika dilihat," kata Agus kepada Tribun Kaltim.

Pria berkumis ini berharap dengan adanya bantuan ini, kedepannya bisa ditambah dengan jogging track. "InsyaAllah untuk jongging track akan dibantu oleh Dinas Pariwisata Provinsi, entah melalui pihak ketiga atau lainnya," ucap Agus.

Agus pun sangat senang jika mendapatkan bantuan untuk Magrove Center ini, apalagi jika bantuan tersebut berbentuk fisik atau fasilitas umum yang bisa bermanfaat bagi sebagian wisatawan.

Dengan Fasilitas yang lengkap, Mangrove Center ini kedepannya dapat menarik distribusi untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Balikpapan. "Saat ini tidak ditarik distribusi karena infrastrukturnya belum lengkap, sehingga kami biarkan berjalan dengan apa adanya. Insya Allah jika sudah komplit dengan fasilitas, maka wisatawan merasa puas. Sehingga yang datang tidak segan-segan untuk memberikan distribusi pendapatan daerah kepada kota Balikpapan," kata Agus.

Salah Satu Destinasi Wisata di Balikpapan

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Indroyono Soesilo mengatakan, peresmian dari gerbang Mangrove Center Graha Indah Balikpapan merupakan kenang-kenangan terhadap usaha yang dilakukan Agus Bei yang harus didukung oleh semua pihak.

"Baik pemerintah maupun non pemerintah karena beliau (Agus Bei) penerima penghargaan Kalpataru dari Presiden Jokowi pada tahun 2017," kata Indroyono.

Oleh sebab itu, lanjut Indroyono, dengan adanya bantuan ini diharapkan Mangrove Center lebih berkembang sehingga Mangrove Center bisa lebih bagus lagi, karena Mangrove Center menjadi salah satu destinasi yang sangat menonjol di kota Balikpapan.

"Kita bisa bayangkan tidak sampai 10 km dari pusat kota Balikpapan ada Mangrove Center, yang luasnya 150 hektare dilengkapi dengan Bekantan yang hidup di sekitar Mangrove sebanyak 500 ekor," ujarnya.

Menurut Indroyono, Bekantan itu sendiri merupakan flora dan fauna khas kota Kalimantan. "Saya kira ini destinasi yang sangat luar biasa karena wisatawan mancanegara hampir setiap hari datang ke Mangrove Center ini. Mari kita kembangkan bersama-sama hutan mangrove di Balikpapan ini baik sebagai wahana destinasi hiburan," kata Indroyono.

Selain itu, Mangrove Center juga merupakan pelestari lingkungan karena satu pohon mangrove bisa memberi nafas kepada 4 orang. "Jika ada ratus ribu pohon di sini bisa dihitung berapa orang yang dibantu dari hutan ini," ungkap Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini.

Indroyono berharap, bantuan ini bisa bersinergi dengan swadaya masyarakat untuk mengembangkan hutan mangrove, sehingga memberikan dampak pariwisata di bidang ekonomi, baik dari perhotelan, restoran dan lainnya.(*)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved