Penggerebekan Rumah Angel Lelga - 4 Stasiun TV Kena Tegur KPI hingga Sanksi Ditembuskan ke Jokowi

Yuliandre mengatakan, sanksi tersebut diberikan setelah pihaknya melakukan analisis bahan dan bukti yang sudah dikumpulkan.

Penggerebekan Rumah Angel Lelga - 4 Stasiun TV Kena Tegur KPI hingga Sanksi Ditembuskan ke Jokowi
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Ketua KPI Yuliandre Darwis 

Penggerebekan Rumah Angel Lelga - 4 Stasiun TV Kena Tegur KPI hingga Sanksi Ditembuskan ke Jokowi 

TRIBUNKALTIM.CO - Empat stasiun televisi yang menayangkan adegan Vicky Prasetyo menggerebek rumah Angel Lelga dapatkan teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Diketahui, digerebeknya rumah Angel Lelga oleh Vicky Prasetyo terjadi pada 19 November 2018 lalu. 

Penggerebekan rumah Angel Lelga tersebut menjadi viral karena juga disiarkan oleh stasiun televisi. 

Usai Digerebek Vicky Prasetyo, Angel Lelga Langsung Minta Visum

"Selasa kemarin, kami langsung mengadakan rapat pleno dan memutuskan memberi sanksi untuk program-program yang dinilai melanggar aturan P3 dan SPS KPI,” kata Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, dalam surat sanksi untuk empat stasiun televisi yang ia tanda tangani pada Rabu (28/11/2018) siang.

Pasal P3 dan SPS KPI tahun 2012 tersebut, antara lain Pasal 13, Pasal 14 Ayat (2) dan Pasal 21 Ayat (1) P3 (Pedoman Perilaku Penyiaran) serta Pasal 13 Ayat (1), Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a SPS (Standar Program Siaran).

Dikutip dari Kompas.com keempat stasiun televisi yang dianggap melanggar ketentuan tersebut, yakni RCTI (Silet), Trans TV (Insert Pagi, Insert Siang, Insert Today), iNews TV (Silet, Intens Reborn), dan Trans 7 (Selebrita Pagi).

Foto Angel Lelga dan Vicky Prasetyo. Senin (19/11/2018) dini hari WIB, Angel Lelga gelang kepala saat rumahnya digrebek dan dituduh berzina oleh Vicky Prasetyo.
Foto Angel Lelga dan Vicky Prasetyo. Senin (19/11/2018) dini hari WIB, Angel Lelga gelang kepala saat rumahnya digrebek dan dituduh berzina oleh Vicky Prasetyo. (Kolase Instagram @angellelga/@vickyprasetyo777)

Yuliandre mengatakan, sanksi tersebut diberikan setelah pihaknya melakukan analisis bahan dan bukti yang sudah dikumpulkan. Hal ini sesuai dengan kewenangan KPI, yaitu mengambil tindakan pasca tayang, bukan sebelum atau pra-tayang.

“Akhir pekan lalu, kami langsung mengumpulkan seluruh bahan dan bukti tayangan seluruh program acara di televisi yang menayangkan adegan penggerebekan tersebut untuk dianalisis apakah terbukti melakukan pelanggaran terhadap aturan,"ujar Yuliandre.

Menurut keterangan dalam surat sanksi KPI, keempat stasiun televisi itu menayangkan penggerebekan rumah Angel Lelga saat diduga bersama dengan seorang pria di dalam kamar.

Halaman
123
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved