Bank Indonesia

Edukasi Rupiah, BI Adakan Pemilihan Duta Rupiah

Generasi muda diharapkan menjadi agen perubahan yang memberi pengaruh baik pada lingkungan dan tercipta persepsi/mindset yang positif terhadap rupiah.

Edukasi Rupiah, BI Adakan Pemilihan Duta Rupiah
HO BANK INDONESIA
Suasana kegiatan program Sekolah Peduli Rupiah yang diadakan Bank Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan. 

Sekolah Peduli Rupiah, Sekolahnya Duta Rupiah Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Besarnya peran masyarakat selaku pengguna uang rupiah mendorong Bank Indonesia Balikpapan sebagai satu dari empat puluh enam Kantor Perwakilan Dalam Negeri secara aktif memberikan edukasi dan sosialisasi ke berbagai kalangan mengenai uang rupiah terutama ciri-ciri keaslian uang rupiah (CIKUR) dan kampanye cinta rupiah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggandeng Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan program Sekolah Peduli Rupiah, setelah sebelumnya sukses menggelar program Sekolah Peduli Inflasi.

Sekolah Peduli Rupiah (SPR) yang dibuka secara resmi bertepatan dengan Hari Pahlawan yaitu 10 November 2018, berfokus pada program edukasi atau literasi uang rupiah kepada para siswa/I tingkat menengah pertama.

Sebagaimana diketahui bahwa, uang rupiah merupakan salah satu simbol negara republik indonesia yang menunjukkan kedaulatan bangsa dan negara sehingga menjadi kewajiban seluruh warga negara untuk mengenal, menggunakan serta memperlakukan rupiah secara layak.Program ini pun diharapkan mampu mencetak duta rupiah secara massive dan berkelanjutan.

Peserta SPR tahun 2018 terdiri dari 23 SMP Negeri, 3 SMP Swasta dan 3 Pondok Pesantren di Kota Balikpapan. Hingga dapat kami sampakan bahwa anggota SPR mencapai lebih dari 500 siswa. Sekolah peserta SPR diberikan waktu selama tiga minggu untuk dapat menyusun dan melaksanakan program edukasi uang rupiah di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Seluruh kegiatan edukasi tersebut dilaporkan bersamaan dengan seleksi pertama Duta Rupiah pada 29 November 2018.

Pada hari ini tanggal 30 November 2018, Bank Indonesia Balikpapan menyelenggarakan penutupan Sekolah Peduli Rupiah Tahun 2018 dengan menyelenggarakan berbagai lomba tentang uang rupiah yaitu pemilihan final duta rupiah, kompetisi cerdas cermat serta lomba yel-yel yang berlangsung dengan meriah.

Kedepannya program SPR ini akan terus berlanjut dengan bentuk kegiatan yang sama dengan lingkup yang lebih luas maupun dengan topik yang berbeda. Program Bank Indonesia tentunya akan memerlukan dukungan dari berbagai pihak terutama Pemerintah Kota Balikpapan.

Dengan berakhirnya rangkaian acara hari ini maka berakhir juga rangkaian SPR tahun 2018. Bank Indonesia Balikpapan mengharapkan agar seluruh peserta SPR untuk terus melanjutkan edukasi kepada masyarakat. Sebagaimana misi awal BI yang ingin mengajak generasi muda Kota Balikpapan untuk lebih peduli dan berperan aktif dalam literasi uang rupiah melalui gerakan cinta rupiah.

Generasi muda diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang akan memberikan pengaruh baik pada lingkungan sekitarnya dan tercipta persepsi/mindset yang positif terhadap uang rupiah. (*)

Pemenang Sekolah Peduli Rupiah

Lomba Duta Rupiah
1. SMP KPS
2. SMP N 1 Balikpapan
3. SMP N 7 Balikpapan

Lomba Cerdas Cermat
1. SMP N 7 Balikpapan
2. SMP N 5 Balikpapan
3. SMP N 12 Balikpapan

Lomba Yel Yel
1. SMP N 9 Balikpapan
2. SMP N 12 Balikpapan
3. SMP N 23 Balikpapan

Editor: M Abduh Kuddu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved