Putin Serukan Perang Terus Berlanjut dan Anggap Ukraina Tidak Serius Berdamai

Perang telah membebani perekonomian Ukraina karena harus mengeluarkan anggaran untuk militer dan diperparah hilangnya

Putin Serukan Perang Terus Berlanjut dan Anggap Ukraina Tidak Serius Berdamai
CEN via Daily Mirror
LATIHAN PERANG - Dua orang anggota Marinir Rusia tengah mencoba granat berpeluncur roket (RPG) dalam latihan militer yang digelar di Murmansk dengan suhu minus 30 derajat Celcius. 

TRIBUNKALTIM.CO, BUENOS AIRES - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, konflik di timur Ukraina tidak akan berakhir selama pemerintahan Kiev saat ini masih berkuasa.

Dilansir dari AFP, Putin dengan tegas menyatakan, otoritas Ukraina saat ini tidak memiliki kepentingan dalam menyelesaikan konflik, terutama dengan cara damai.

"Selama mereka masih berkuasa, perang akan terus berlanjut," kata Putin, yang mengacu pada pemerintahan Presiden Petro Poroshenko yang kini berkuasa di Ukraina. Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Rusia itu dalam kesempatan konferensi pers di akhir KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, pada Sabtu (1/12).

Baca: Tulis Pesan soal Tahun Terbaik, Bojan Malisic Isyaratkan Pamit dari Persib Bandung?

Konflik yang melibatkan kelompok separatis Rusia dengan pasukan pemerintah Ukraina telah berlangsung sejak empat tahun lalu dan diperkirakan telah menewaskan hingga lebih dari 10.000 jiwa, dengan sepertiga di antaranya adalah warga sipil.

Perang tersebut telah memicu ketegangan dalam hubungan Rusia dengan negara-negara Barat, yang menyalahkan Putin atas konflik pada 2014, saat pasukannya mencaplok Crimea dan menjadi wilayah bagi kelompok separatis dalam merebut kota-kota di timur Ukraina.

Perang telah membebani perekonomian Ukraina karena harus mengeluarkan anggaran untuk militer dan diperparah hilangnya industri vital di wilayah separatis.

Baca: Hotel Laris Manis Ketiban Rejeki Berkat Reuni 212

Sementara, Kiev hanya dapat menerima setengah dari pinjaman Dana Moneter Interasional (IMF) karena lambatnya reformasi di Ukraina, termasuk langkah-langkah anti-korupsi.

"Selalu lebih mudah untuk menyalahkan kegagalan ekonomi kepada peperangan. Mereka yang berada di luar pihak penyerang akan selalu dianggap bersalah," kata Putin mengkritik situasi perekonomian Ukraina.

Baca: Garuda Buka Lagi Rute Jakarta-London

Ketegangan antara Moskwa dengan Kiev kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir usai insiden penembakan dan penyitaan kapal Angkatan Laut Ukraina oleh tentara Rusia karena dianggap melanggar wilayah Crimea. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Putin: Perang Akan Terus Berlanjut Selama Pemerintah Ukraina Kini Masih Berkuasa https://internasional.kompas.com/read/2018/12/02/10245901/putin-perang-akan-terus-berlanjut-selama-pemerintah-ukraina-kini-masih

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved