Dua Penyebab Tingginya Harga Barang di Kampung Long Apari

DPRD Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, angkat bicara mengenai mahalnya harga-harga pangan se

Dua Penyebab Tingginya Harga Barang di Kampung Long Apari
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Kondisi dermaga perahu motor di Kampung Long Apari, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (27/11/2018) pagi. 

Dua Penyebab Tingginya Harga Barang di Kampung Long Apari

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, LONG BAGUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, angkat bicara mengenai mahalnya harga-harga pangan seperti daging ayam yang terjadi di daerah Kecamatan Long Apari

Penyebab utama yang masih menjadi dilema seperti di Kampung Long Apari, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, lebih karena pada persoalan proses distribusinya dan belum berjalannya pengaturan pemasaran secara baik.  

Ketua DPRD Kabupaten Mahakam Ulu, Novita Bulan, saat ditemui Tribunkaltim.co, menyatakan, harga kebutuhan bahan baku pangan di daerah perbatasan seperti Kampung Long Apari Kecamatan Long Apari lebih disebabkan banyak faktor di antaranya sisi transportasi dan pengaturan pasarnya. 

Tips Memotong Buah agar Nutrisi Tak Hilang

Jelang Harbolnas 12.12, Xiaomi Redmi 6 dan Redmi S2 Diskon hingga Rp 500 Ribu!

 

“Transporasi saja yang ganggu selama ini, sama keterbatasan bahan baku di sana. Dari pemerintahnya kan, lebih mengatur pada pasar supaya ketersediaan bahan disana lebih tercukupi,” ujarnya pada Selasa (4/12/2018) di Kampung Long Bagun. 

Karena itu, dia pun sangat berharap, Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) untuk selalu sediakan fasilitas armada speedboat subisidi yang diperuntukan bagi angkutan orang dan barang, yang penggunaannya bisa meringkankan biaya tinggi transportasi. 

“Kami usulkan di tahun depan kepada pemerintah supaya masih tetap ada (speedboat subsidi). Malahan perlu dibagi, ada speedboat subsidi yang dikhususkan angkut barang dan orang dan ada juga speedboat yang dipakai untuk hal-hal darurat untuk angkut orang sakit atau bencana yang tak terduga,” tegasnya.

Selain itu, terkadang kata dia, para pengusahanya pun belum menangkap peluang pasar secara baik.

Akhir Tahun saatnya Beli Mobil Baru! Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Toyota, Wuling Diskon 28 Juta!

 

Padahal jika tergarap dan bisa diimplementasikan bisa dipastikan bisa menjadi pasar potensial, seperti sediakan daging ayam atau komiditi lainnya yang belum tersedia di Long Apari.  

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved