Sopir Truk Akui Remnya Kosong Sebelum Menabrak Empat Mobil Didepannya

Tabrakan beruntun terjadi di Kota Balikpapan, tepatnya di jalan Soekarno Hatta, depan simpang tiga Jalan MT Haryono - Indrakilla.

TRIBUN KALTIM / RACHMAD SUJONO
Kondisi Mobil Daihatsu Terios KT 8735 YB tampak rusak parah pada bagian depan dan belakang mobil akibat ditabrak oleh truk kontainer dari belakang, Selasa (3/12). Sopir truk mengaku lalai saat mengerem hingga menghantam empat mobil di depannya. 

Sopir Truk Akui Remnya Kosong Sebelum Menabrak Empat Mobil Didepannya

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tabrakan beruntun kembali terjadi di Kota Balikpapan, tepatnya di jalan Soekarno Hatta Kelurahan Muara Rapak, depan simpang tiga Jalan MT Haryono - Indrakila Strat III, Balikpapan Utara. Tabrakan terjadi Senin (3/12/2018) sekitar pukul 12.32 wita.

Kanit Laka Polres Balikpapan, Ipda BJ Susilo menjelaskan, tabrakan terjadi karena truk kontainer dengan nomor polisi KT 8270 LL mengerem mendadak saat turunan di jalan simpang tiga MT Haryono - Strat III dengan kondisi jalan tersebut sedang padat-padatnya.

BJ Susilo mengatakan, saat mengerem, tiba-tiba rem truk mengalami kekosongan sehingga tidak dapat dihentikan dan akhirnya menabrak mobil di depannya. Menurut sopir, truk meluncur tanpa bisa direm. "Penyebabnya dalam suasana lalu lintas yang padat, mobil truk kontainer mengerem mendadak dan lama-kelamaan rem truk tersebut kosong," jelasnya.

Ditambahkannya, saat dikonfirmasi pada mekanik, mobil tersebut tidak mengalami masalah dengan remnya. Hanya saja menurut mekanik itu, cara penggunaan rem yang dilakukan sopir tidak sesuai ketinggian gas sehingga rem menjadi kosong. "Saat ini sopir truk sudah kita amankan," pungkasnya.

Dijelaskannya, terdapat empat kendaraan yang terdampak akibat tabrakan beruntun tersebut diantaranya, Daihatsu Granmax Pickup nopol KT 8735 YB mengalami penyok tipis di bagian depan, mobil Agya nopol KT 1129 ZD mengalami penyok tipis bagian belakang, mobil Terios KT 970 AW mengalami penyok depan dan belakang parah serta kaca pecah dan mobil Avanza. "Sedangkan truk kontainer KT 8270 LK yang menjadi penyebab tidak mengalami kerusakan," terangnya.(*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved