Porprov Kaltim 2018

Prestasi Membanggakan, Pesilat Samboja Sumbang Medali Emas di Porprov Kaltim

Lagi, prestasi membanggakan berhasil ditorehkan pesilat Samboja yang mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara

Prestasi Membanggakan, Pesilat Samboja Sumbang Medali Emas di Porprov Kaltim
IST
MEDALI EMAS - Atlet Pencak Silat asal Samboja yang mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara meriah medali emas di ajang Porprov Kaltim VI 2018 di Kutai Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Lagi, prestasi membanggakan berhasil ditorehkan pesilat Samboja yang mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim VI 2018 di Kutai Timur, 3-6 Desember. Dua nomor tanding kategori Seni Ganda disapi bersih oleh pesilat Kukar asal Samboja.

Emas pertama disumbang oleh pasangan ganda putra Adi Saputra dan M. Abdul Gani, disusul junior mereka ganda putri Rina Musliani dan Riski Ragil Z yang sukses menorehkan medali emas.

Belum lama sebelum event empat tahunan tingkat Provinsi Kaltim ini, atlet-atlet pelajar pencak silat Samboja dari SMAN 1 Samboja, Madrasah Aliyah Nuruddin, MTs N 4 Kukar dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Samboja juga telah menyumbangkan 3 emas, 1 perak, 2 perunggu pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) 24-30 September lalu di Samarinda.

Baca: Mitra Kukar Degradasi ke Liga 2, Rahmad Darmawan Pertanyakan Keabsahan 2 Gol Persija Jakarta

Bukan mudah untuk mencapai prestasi itu, semua butuh proses, pengorbanan, bahkan air mata. Apalagi ini sebagian besar dari mereka atlet–atlet pelajar yang mengenyam pendidikan di sekolah umum (non sekolah khusus olahraga), yang sejak dini sudah diajarkan dan latihan secara rutin. Demikian ungkap Manajer Tim IPSI Samboja Fauzan Melta.

Rina Musliani dan Rizki Ragil Zulkifli contoh dimana meraka baru mengenal dan mengikuti pencak silat (Tapak Suci) pada pertengahan 2016. Grafik peningkatan prestasi dari keduanya sampai saat ini cukup signifikan dan membanggakan. Saat ini mereka sedang mengeyam pendidikan di SMAN 1 Samboja, di mana pencak silat merupakan salah satu ekstra kurikuler di sekolah tersebut.

“Bapak dan ibu guru selalu mendukung dan memotivasi kami untuk menyeimbangkan dan terus berprestasi bidang akademik maupun non akademik. Kami selalu memegang motto dari pelatih 'kami juara di kelas, juara di gelanggang, juara di mana mana'. Sukses akademik dan sukses di pencak silat, ” unggkap Rina dan Agil sapaan akrab mereka.

Baca: Balikpapan Kuasai Cabor Criket di Porprov VI Kaltim

Binpres IPSI Samboja Na’ita Faulinna, Spsi menambahkan, Samboja memiliki bibit pesilat- pesilat unggul. "Tinggal bagaimana kita membimbing, mengarahkan dan memfasilitasi mereka agar menjadi insan pesilat yang tangguh, berprestasi dan rendah hati,” kata tandasnya. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved