Penobatan Sultan Kutai

10 Raja Nusantara Siap Hadiri Penobatan Sultan Kutai, Catat Agenda Prosesi Panabalannya

Acara penabalan atau penobatan Sultan Kutai bakal digelar Sabtu (15/12) depan.

10 Raja Nusantara Siap Hadiri Penobatan Sultan Kutai, Catat Agenda Prosesi Panabalannya
TRIBUN KALTIM / RAHMAD TAUFIK
Menteri Kelestarian Nilai Adat Kesultanan Kutai, Adji Pangeran Haryo Kusumo Puger 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Acara penabalan atau penobatan Sultan Kutai bakal digelar Sabtu (15/12) depan. Pihak kesultanan sudah melakukan persiapan untuk prosesi penobatan ini.

"Kami berkomitmen pada 15 tidak ada masalah lagi, Plt Bupati (Edi Damansyah) sudah menandatangani MoU dengan Dirjen Kebudayaan di Jakarta terkait peminjaman peralatan atau perlengkapan untuk prosesi penabalan milik Kesultanan Kutai yang disimpan di Museum Nasional," kata Menteri Kelestarian Nilai Adat Kesultanan Kutai, Adji Pangeran Haryo Kusumo Puger, Senin (10/12).

Ia mengatakan, ada 10 raja dari nusantara menyatakan siap hadir pada prosesi penobatan sultan nanti. "Undangan kami beritahukan lewat pesan WA (Whatsapp), termasuk seluruh kerajaan di nusantara karena untuk mengantar undangan agak sulit, sekarang lewat WA lebih canggih dan cepat," tuturnya.

Baca: Pemilik Lahan Proyek Jembatan Pulau Balang Desak BPN Segera Proses Ganti Rugi Lahan

Semua tamu kerajaan lain yang pernah datang dalam prosesi penobatan almarhum Sutan Aji Muhammad Salehuddin II diundang khusus. "Kami baru mengetahui finalnya nanti Kamis (13/12) siapa saja raja di nusantara yang bakal hadir, mudah-mudahan ini terus bertambah dari 10 raja yang sudah mengonfirmasi kehadirannya dalam prosesi penabalan sultan," ujar Puger.

Sedangkan peralatan dan perlengkapan untuk prosesi penobatan Sultan Kutai akan dibawa dari Jakarta dengan pengawalan pihak Museum Nasional pada Jumat (14/12).

"Kami akan menyambutnya dengan acara beluluh, saat barang datang kami gelar acara sakral, yakni pemberian tempong tawar, baru barang Kesultanan Kutai itu masuk di BRI untuk pengamanannya," katanya.

Paling tidak, ada 8 item benda Kesultanan Kutai yang harus dipinjam untuk prosesi penabalan sultan, termasuk ketopong dan pedang. Acara penobatan sultan akan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Baca: Video dan Foto Kecelakaan Maut Tronton Alami Rem Blong di Bumiayu Brebes

Kegiatan diawali dengan mendirikan tiang ayu, dilanjutkan prosesi penabalan sekitar 15 menit, lalu sultan keluar untuk mengucap sumpah sembari mengangkat keris. Setelah itu, sultan keluar menemui rakyatnya untuk mengajak makan bersama (beseprah) atau menggelar pesta rakyat. Ia mengatakan, acara penabalan sultan ini dibantu pihak Pemprov Kaltim sebesar Rp 500 juta.

Seperti diketahui, Sultan Kutai Ing Martadipura ke-20, Adji Muhammad Salehuddin II meninggal dunia dalam usia 93 tahun, pada 5 Agustus 2018 lalu pukul 10.00. Sehingga pewaris tahta Kesultan Kutai ke-21 jatuh pada Putra Mahkota Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat. (*)

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved