Ayam Broiler di Long Apari Kabupaten Mahulu Rp 133 Ribu per Kg, Ini Penyebabnya

Seperti harga daging ayam, di Kampung Long Apari dibandrol dengan harga berkisar Rp 133 ribu untuk per kilogramnya, atau Rp 400 ribu 3 kg.

Ayam Broiler di Long Apari Kabupaten Mahulu Rp 133 Ribu per Kg, Ini Penyebabnya
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Suasana permukiman penduduk di Kampung Long Apari, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (27/11/2018) pagi. 

Ayam Broiler di Long Apari Kabupaten Mahulu Rp 133 Ribu per Kg, Ini Penyebabnya

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Belum lama ini, awal Desember 2018 tim Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Mahakam Ulu (Setkab Mahulu) melakukan survei pasar kebutuhan pangan yang ada di kawasan terjauh di Mahulu, di hulu Sungai Mahakam seperti Kampung Long Apari, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahulu, Provinsi Kalimantan Timur. 

Dibandingkan dengan harga-harga kebutuhan pokok di ibukota Mahulu, Kampung Ujoh Bilang jelas sangat berbeda.

Perbandingan harganya mencolok, jauh lebih mahal harganya yang ada di Kampung Long Apari

Hal ini disampaikan oleh Indira Reisia Anggun, Kepala Sub Ekonomi dari Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setkab Mahulu, kepada Tribunkaltim.co saat ditemui di Gedung Badan Penelitian dan Perencanaan Pembangunan Daerah, Jl Poros Tikah, Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Selasa (11/12/2018) pagi. 

Hengkang dari Persib Bandung, Berikut Statistik Oh In Kyun saat Berseragam Maung Bandung

VIDEO - Titi DJ Histeris Bertemu Anak Mantan Suami di Panggung The Voice Indonesia

 

“Kami sempat beberapa hari di awal Desember datangi ke lokasi tinjau harga-harga barang yang berlaku disana. Saya termasuk ikut turun juga. Kami turunkan dua tim, yang satu ke daerah Pahangai, yang satu timnya lagi ke Long Apari,” ujarnya. 

Menurut pemantauannya, khususnya di Kampung Long Apari, pasokan kebutuhan pangannya paling banyak bersumber dari daerah luar, di datangkan dari Long Bagun Mahakam Ulu, atau dari Kabupaten Kutai Barat.  

“Belum ada perubahan, masih harga yang lama tapi memang masih tinggi ketimbang dibanding disini (Ujoh Bilang ibukota Mahakam Ulu),” ungkap Indira. 

Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa (11/12/2018): Beberapa Zodiak Punya Keberuntungan!

Diperkirakan Bebas 24 Januari 2019, Ahok Siapkan Kejutan

 

Keberadaan pasar basah atau pasar tradisional di Kampung Long Apari belum ada yang besar seperti di Ujoh Bilang Mahakam Ulu, paling hanya beberapa rumah yang menjadi warung tukang sayur dengan jumlah yang tidak banyak.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved