Bupati Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil: Berulangkali Ingatkan Jangan Bermain Soal Integritas

"Kalau disebut sedih saya sangat sedih, disebut prihatin sangat prihatin," kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate,

Bupati Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil: Berulangkali Ingatkan Jangan Bermain Soal Integritas
KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam jumpa pers terkait OTT Bupati Cianjur di Gedung KPK Jakarta, Rabu (12/12/2018). 

Bupati Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil: Berulangkali Ingatkan Jangan Bermain Soal Integritas

TRIBUNKALTIM.CO, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil prihatin atas operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) terhadap kepala daerah dan sejumlah pejabat di Kabupaten Cianjur, Rabu (12/12/2018).

"Kalau disebut sedih saya sangat sedih, disebut prihatin sangat prihatin," kata Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (12/12/2018).

Dalam berbagai pertemuan bersama bupati dan wali kota, Emil sudah berulangkali mengingatkan para kepala daerah agar tak bermain di ranah integritas.

"Tugas dari saya adalah menjalankan undang-undang memberikan bimbingan, nasihat, termasuk nasihat kepada diri saya sendiri untuk selalu mengingatkan. Tapi ujungnya itu pilihan, keputusan batin dari setiap individu," ungkap Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Tribunnews)

Menurut Emil, persoalan korupsi merupakan urusan niat individu. Jadi, kata dia, serapat apapun sistem pencegahan bisa ditembus.

"Sistem hebat saja kalau memang individunya punya niat, makanya saya bilang Innamal A'malu binniat. Apakah niat kekuasaan itu mencapai tujuannya mencari nafkah atau apa atau mau membawa perubahan? Kalau niatnya mencari nafkah biasanya selalu bermodus," jelasnya.

[Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal OTT Bupati Cianjur, Ridwan Kamil: Saya Sangat Sedih, Sangat Prihatin...", 

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved