Breaking News:

Lima Janazah Dipindahkan ke Lokasi Lain, Gegara Beda Pendapat Soal Pilkades di Gorontalo

Diduga akibat berbeda pendapat dalam proses pemilihan kepala desa, lima kuburan warga dibongkar dan dipindahkan ke lokasi lain.

Editor: Priyo Suwarno
KOMPAS.COM/YAKUB KAU
Jasad 5 mayat yang dibongkar dari kuburan dibawa keluarganya ke lokasi lain oleh keluarganya di Desa Jembatan Merah, Tomilio, Kabupaten Gorontalo Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, GORONTALO-- Diduga akibat berbeda pendapat dalam proses pemilihan kepala desa, 5 kuburan warga dibongkar dan dipindahkan ke lokasi lain.

Pemindahan jasad untuk almarhum dan almarhumah:

  • * Nur Humolungo
  • * Sumiatin Ahmad
  • * Abdin Dude
  • * Asma Katili
  • * Idrus Katili

Keluarganya memindahkan jenazah mereka di desa Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara.

Menurut Ikbal Sulaiman, pemindahan kuburan ini dilakukan oleh keluarga yang meninggal. Status tanah pekuburan ini milik orang tua Ikbal Sulaiman.

“Benar ada pemindahan kuburan, kami tidak tahu-menahu tiba-tiba sudah ada penggalian dan pemindahan jasad,” kata Ikbal, Kamis (13/12/2018).

Jasad 5 mayat yang dibongkar dari kuburan dibawa keluarganya ke lokasi lain oleh keluarganya di Desa Jembatan Merah, Tomilio, Kabupaten Gorontalo Utara.
Jasad 5 mayat yang dibongkar dari kuburan dibawa keluarganya ke lokasi lain oleh keluarganya di Desa Jembatan Merah, Tomilio, Kabupaten Gorontalo Utara. (KOMPAS.COM/YAKUB KAU)

Ikbal menyayangkan pemindahan kubur 5 orang tersebut. Pasalnya tanah ini memang sejak awal menjadi pekuburan keluarga yang warga desa.

Saat dihubungi, Ris Dude, keluarga yang memindahkan kuburan ini tidak menjawab telepon. Pemindahan kuburan ini terjadi pada Minggu (9/12/2018).

Beredar kabar bahwa keluarga yang memindahkan kuburan ini berbeda pilihan calon kepala desa dengan pemilik lahan pekuburan. Pemilihan kepala desa digelar pada Selasa (11/12/2018).

Prosesi pemindahan kuburan ini sempat menarik warga desa. Sejumlah keluarga menggali kuburan dan menggotong jasad yang tinggal kerangka ini dengan berjalan kaki ke lokasi lain.

Tengkorak-tengkorak ini dibungkus dengan kain batik dan digendong melalui jalan desa. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Beda Pilihan Calon Pilkades, 5 Kuburan Dipindahkan Keluarga", https://regional.kompas.com/read/2018/12/13/12102621/diduga-beda-pilihan-calon-pilkades-5-kuburan-dipindahkan-keluarga.
Penulis : Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Editor : Khairina

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved