Kaltara Raih Penghargaan Kategori Baik IDI, Gubernur: Bukti Demokrasi di Kaltara Berjalan Baik

Torehan prestasi kembali diraih Provinsi Kaltara. Setelah meraih predikat kepatuhan tinggi untuk pelayanan publik, kali ini bidang demokrasi

Kaltara Raih Penghargaan Kategori Baik IDI, Gubernur: Bukti Demokrasi di Kaltara Berjalan Baik
IST/HUMAS Kaltara
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menerima penghargaan kategori baik IDI 2017 dari Menko Polhukam Wiranto di Jakarta, Kamis (13/12). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Torehan prestasi kembali diraih oleh Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Setelah sebelumnya meraih predikat kepatuhan tinggi untuk pelayanan publik, kali ini bidang demokrasi. Bersama empat provinsi di Indonesia, Kaltara termasuk sebagai provinsi dengan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) kategori baik.

Provinsi Kaltara berada di posisi ketiga capaian IDI 2017 dengan nilai 81,06. Naik 4,08 poin dari IDI 2016 (76,98). Posisi pertama ditempati DKI Jakarta dengan nilai 84,73. Kedua, DI Yogyakarta nilai IDI 2017 83,61. Provinsi lainnya dengan kategori baik adalah Kepulauan Bangka Belitung (80,11).

Sebanyak 30 provinsi lainnya di Indonesia, capaian IDI-nya di bawah 80 atau kategori sedang. Termasuk IDI Nasional 2017 yang juga berkategori sedang, yakni 72,11 atau naik 2,02 poin dibandingkan IDI Nasional 2016 (70,09).

Baca: KONI Bontang Nilai Pelaksanaan Porprov VI Kaltim di Kutim Paling Buruk

Atas capaian tersebut, Kaltara bersama tiga provinsi lainnya mendapatkan penghargaan yang diserahkan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Jenderal (Purn) Wiranto bersamaan peluncuran buku IDI 2017 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Kamis (13/12).

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie hadir langsung menerima penghargaan tersebut bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Menurut Gubernur Irianto, mengutip penjelasan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto, ada beberapa variabel penilaian menentukan capaian IDI setiap provinsi di Indonesia. Dari penilaian itu, Kaltara disebutkan rata-rata sudah baik.

Variabel tersebut di antaranya kebebasan berkumpul dan berserikat, kebebasan berpendapat, kebebasan berkeyakinan, hak memilih dan dipilih, kebebasan dari diskriminasi, peran parpol, serta peran birokrasi pemerintahan daerah.

Baca: Sidang Kasus Pencemaran Teluk Balikpapan, Saksi Ahli Sebut Pipa Patah Kena Hantaman Benda Keras

"Alhamdulillah, capaian ini patut kita syukuri. Ini juga membuktikan, bahwa selama ini demokrasi di Kaltara sudah berjalan dengan baik. Apalagi kita sebagai provinsi baru, ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa. Kita bisa sejajar dengan provinsi-provinsi lain yang usianya jauh di atas, seperti DKI Jakarta juga DI Yogyakarta," katanya.

Atas capaian ini juga, ia meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Indonesia di Kaltara untuk tetap menjaga dan memelihara, atau bahkan lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Indeks demokrasi yang baik menurutnya, merupakan salah satu penilaian dan indikator dalam pencapaian hasil-hasil pembangunan di Kaltara.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved