Kakao Tiga Kampung di Long Pahangai Mahulu Mulai Disertifikasi 

Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mahulu, saat ini sedang berupaya melakukan proses sertifikasi perkebunan kakao.

Kakao Tiga Kampung di Long Pahangai Mahulu Mulai Disertifikasi 
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh SH, sambangi pekarangan yang ditanami pohon kakao di Kampung Tiong Ohang, belum lama ini saat sebelum meresmikan kegiatan pameran Pembangunan Kampung-kampung di Kecamatan Long Apari, Senin (26/11/2018) sore. 

Kakao Tiga Kampung di Long Pahangai Mahulu Mulai Disertifikasi 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), saat ini sedang berupaya melakukan proses sertifikasi perkebunan kakao yang ada di wilayah Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahulu, Provinsi Kalimantan Timur. 

Hal ini disampaikan oleh Saripuddin, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Mahulu pada Minggu (16/12/2018) melalui sambungan telepon seluler di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

Dia jelaskan, Pemkab Mahulu membantu, memberikan anggaran untuk sertifikasi dan hasil panen kako bakal dinikmati petani di kampung-kampung yang ada di Kecamatan Long Pahangai.

Sebab komoditi kakao merupakan jenis tanaman yang cocok tumbuh di Mahulu.  

“Ada Kampung Long Isun, Long Tuyoq sama Kampung Pahangai Dua. Sudah berjalan,” ungkapnya yang kala itu mengenakan kemeja putih. 

Saripuddin menambahkan, proses sertifikasi kebun kakao yang ada di Kecamatan Long Pahangai melihat secara keseluruhan, dimulai dari masa tanam sampai ke tahapan hasil panennya. 

“Sertifikasinya lebih ke kebunnya. Sebagai contoh dilarang pakai pupuk pestisida, harus dibuat organik. Biar bisa kompetitif harganya,” katanya. 

Proses sertifikasi ini tidak dibebankan ke para petani tetapi semua biaya proses sertifikasi ditanggung oleh Pemkab Mahulu melalui Dinas Pertanian.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved