Awasi Spekulan Nakal, Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Polres Bontang akan Tinjau Harga Pasar

Awasi Spekulan Nakal, Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Polres Bontang akan Tinjau Harga Pasar

Awasi Spekulan Nakal, Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Polres Bontang akan Tinjau Harga Pasar
TRIBUN KALTIM / ICHWAL SETIAWAN
Harga bawang merah di Bontang mengalami peningkatan sejak awal bulan Desember. 

Awasi Spekulan Nakal, Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Polres Bontang akan Tinjau Harga Pasar

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok di pasaran mendapat respon dari pemerintah. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dijadwalkan bakal memantau harga di pasaran. Kunjungan ke lapangan akan didampingi Tim Pangan dari Polres Bontang. Rencananya, tinjauan ke lapangan bakal digelar Kamis (20/12/2018) pekan ini.

Ketua TPID Bontang, sekaligus Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daera (Setda), Aguswati mengatakan, pihaknya tengah menyisir sejumlah pasar di Kota Bontang untuk meninjau harga pangan jelang natal dan tahun baru.

Timnya juga akan mempelajari penyebab kenaikan harga pangan beberapa hari terakhir. Menurut dia, biasanya harga melonjak akibat pasokan barang yang kurang atau ada spekulan yang memanfaatkan momentum hari-hari besar.

"Kalau beberapa bulan lalu harga ayam sempat tembus Rp 100 ribu karena ada spekulan. Setelah kita sidak, besoknya langsung turun," kata Aguswati saat menghubungi Tribun Kaltim, Senin (17/12) petang.

Dia menambahkan, pihaknya pun telah bersurat ke instansi terkait, seperti Dinas Koperasi, Perdagangan & UMKM (Diskopdag & UMKM), Polres Bontang dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Dikonfirmask terpisah, Kasat Reskrim Polres Bontang, AKP Ferry Putra Samodra membenarkan pihaknya bakal mendampingi tim untuk terjun ke lapangan.

Dia pun memastikan akan mengawasi rantai distribusi pangan ke Kota Bontang. Perwira tiga balok ini memastikan akan menindak tegas para spekulan yang memanfaatkan momentum hari besar untuk menaikan harga. "Kita akan dampingi ke pasar-pasar, kita akan awasi rantai distribusi pastinya," tandas AKP Ferry.(*)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved