Puji Kinerja Sektor Pendidikan Balikpapan, Ini Catatan dari BPK

Cornell Syarif Prawiradiningrat memuji Balikpapan berdasarkan pemeriksaan audit kinerja terhadap sektor pendidikan di Balikpapan.

Puji Kinerja Sektor Pendidikan Balikpapan, Ini Catatan dari BPK
TRIBUN KALTIM / CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTO
Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Kepala BPK RI Kaltim, Cornell Syarif Prawiradiningrat usai penyerahan LHP di kantor BPK RI Kaltim Jl M Yamin, Samarinda Kalimantan Timur, Senin (17/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Cornel Dimas

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kaltim Cornell Syarif Prawiradiningrat memuji Balikpapan berdasarkan pemeriksaan audit kinerja  terhadap sektor pendidikan di Balikpapan.

Menurut Syarif, Pengelolaan Pendanaan Pendidikan di Balikpapan sudah terselenggara dengan baik.

Program BOSNAS, Program Indonesia Pintar (PIP) dan BOSDA dalam rangka mewujudkan terselenggaranya Wajib Belajar 12 Tahun sudah dikelola dengan baik.

"Pendidikan di Balikpapan itu sudah memiliki kemampuan bagus. Bosda, Bosnas, dan Program Indonesia Pintar (PIP). Bosda dana dari APBD sudah dikelola baik. Mestinya Balikpapan ini mampu tapi tinggal kepeduliannya saja," kata Syarif di kantor BPK RI Kaltim Jl M Yamin, Samarinda Kalimantan Timur, Senin (17/12/2018).

Kendati demikian, BPK melihat masih ada persoalan informasi yang menjadi catatan khusus bagi Balikpapan. Salah satunya Bosnas dari pemerintah pusat melalui Provinsi.

"Harusnya Balikpapan lebih peduli. Mungkin karena Bosnas ini melalui Provinsi, sehingga Balikpapan tidak terlalu perhatian," ujar Syarif.

Catatan yang diberikan BPK RI kepada Balikpapan yaitu, masih ditemukan bahwa besaran Satuan Biaya BOS belum berdasarkan hasil analisis biaya operasional pendidikan.

Selain itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan belum melakukan monitoring dan Evaluasi PIP secara memadai. Pemkot juga belum mempunyai Tim Manajemen Penyaluran BOSDA Tingkat Kota.

Halaman
123
Penulis: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved