Subsidi Ongkos Angkut Speedboat Habis Sebelum Waktunya, Pemkab Mahulu Akan Lakukan Evaluasi

Karena SOA sudah habis, masyarakat di Mahakam Ulu sekarang ini hanya bisa memakai angkutan speedboat reguler yang berbayar dengan tarif normal.

Subsidi Ongkos Angkut Speedboat Habis Sebelum Waktunya, Pemkab Mahulu Akan Lakukan Evaluasi
(Tribunkaltim/BudiSusilo) 
Speedboat SOA bersandar di Dermaga Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (18/11/2018) sore. 

Subsidi Ongkos Angkut Speedboat Habis Sebelum Waktunya, Pemkab Mahulu Akan Lakukan Evaluasi

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG – Masa berlaku program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) speedboat di Kabupaten Mahakam Ulu dipastikan habis masa berlakunya di musim Natal 2018 dan tahun baru 2019 ini.

Mau tak mau, masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, sekarang ini hanya bisa memakai angkutan speedboat reguler yang berbayar dengan tarif normal. 

Pengadaan fasilitas Speedboat SOA merupakan program Pemkab Mahakam Ulu, yang pendanaannya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahakam Ulu sebesar Rp 10 miliar untuk setahun, di tahun 2018.

Sudarno, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Sungai, Dinas Perhubungan Mahakam Ulu, menjelaskan kepada Tribunkaltim.co, melalui program speedboat SOA, masyarakat sangat terbantu, mendapat transportasi air yang murah meriah dan mudah, Rabu (19/12/2018).   

Kakao Tiga Kampung di Long Pahangai Mahulu Mulai Disertifikasi 

Bupati Berharap Petani dan Nelayan Mahulu Semakin Sukses

Pemakai fasilitas angkutan umum ini bagi mereka yang berkartu tanda penduduk (KTP elektronik) Mahakam Ulu. Khusus orang miskin ekonomi lemah mendapatkan speedboat ini secara gratis, dan mendapat potongan harga diskon 50 persen bagi mereka yang mampu seperti pegawai negeri sipil dan pedagang.  

Namun mendekati libur Natal dan Tahun Baru sudah tidak ada lagi pelayanan speedboat SOA ini.

“Sudah habis duluan. Padahal penganggaran jatahnya selama setahun, ini belum setahun sudah habis,” ujar Sudarno di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun. 

Dia ungkapkan, alasan tidak ada lagi layanan speedboat SOA dalam musim mudik Natal dan Tahun Baru kali ini disebabkan jadwal pelayanannya sudah habis, terpakai banyak kala ada momen Festival Hudoq akhir bulan Oktober 2018 di Kampung Ujoh Bilang. 

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved