Berita Video

VIDEO - Tim Monitoring Temukan Lima Elpiji Subsidi di Restoran Sushinei

"Jadi hanya untuk usaha kecil. Kami berharap masyarakat bisa aktif melaporkan jika ada usaha besar yang menggunakan elpiji 3 Kg," ucap Ubail.

VIDEO - Tim Monitoring Temukan Lima Elpiji Subsidi di Restoran Sushinei
tribunkaltim.co/ rachmad
Tim Monitoring saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) elpiji subsisdi di Restoran Sushinei Gunung Guntur, Balikpapan, Rabu (19/12/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Siti Zubaidah dan Rachmad

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tim Monitoring yang terdiri dari Pertamina, Dinas Perdagangan (Disperindag), Hiswana Misgas dan Instasi menemukan lima elpiji subsidi pada saat sidak di Restoran Sushinei Gunung Guntur, Balikpapan, Rabu (19/12/2018).

Dalam sidak kali ini tim monitoring dipimpin oleh Ahmad Ubaidillah Maksum Sales Eksekutif Elpiji Rayon I Mor VI Pertamina Kalimantan menjelaskan, bahwa sidak ini digelar agar pengguna elpiji 3 Kg ini tepat sasaran.

Baca: Pakar ITS Ungkap Fakta Aneh Seputar Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya

Baca: Jose Mourinho Pergi, Manchester United Langsung Nikmati Keuntungan 100 Juta Pound; Ini Sumbernya

Baca: Rumahnya Diteror, Mengapa Ruben Onsu Belum Buat Laporan Resmi ke Polisi?

"Memang pengguna elpiji subsidi itu sesuai untuk peruntukkannya usaha kecil. Kalau untuk usaha menengah ke atas seperti UKM harus menggunakan elpiji non subsidi yang 5,5 Kg atau 12 Kg," kata Ubail sapaan Akrab Ahmad Ubaidillah Maksum.

Dimana peruntukan elpiji subsidi ini khusus untuk memasak. Jika diluar memasak tidak boleh menggunakan elpiji 3 Kg, seperti usaha laundry, batik dan ternak ayam.

"Jadi hanya untuk usaha kecil. Kami berharap masyarakat bisa aktif melaporkan jika ada usaha besar yang menggunakan elpiji 3 Kg," ucap Ubail.

Pertamina terus melakukan sosialisasi, walau sosalisasi belum menyeluruh. Tetapi Pertamina terus sosialisasi baik kepada pengguna elpiji itu sendiri, maupun Pemda dan Pemkot, serta salah satunya kepada teman-teman komunitas pengusaha kuliner Balikpapan atau Bakulers.

"Harusnya hal seperti ini sudah disampaikan kepada anggotanya, kami belum tahu apakah restoran Sushinei menjadi anggotanya atau tidak. Kalau tidak kita melakukan kunjungan dan penukaran," katanya

Sidak ini merupakan tim monitoring yang sudah ada jadwalnya untuk menggelar sidak dan sosialisasi setiap bulannya.

Baca: Demi Beli Lauk, Nenek Berusia 100 Tahun di Soppeng Ini Terpaksa Jual Beras Raskinnya

Baca: Jadi Transgender Pertama yang Ikut Ajang Miss Universe, Siapa Nama Sebenarnya Angela Ponce?

Baca: KPU Rilis Jadwal Debat Pilpres 2019, Berikut Tanggal, Tema hingga Lokasi untuk Jokowi dan Prabowo

Selain Sidak, Pertamina juga menggunjungi lokasi yang sudah pernah disidak, apakah mereka (pengusaha) beralih menggunakan yang subsidi atau tidak. "Dari Disperindag apabila masih menggunakan elpiji subsidi penindakannya sampai cabut izin," ujar Ubail.

Halaman
12
Editor: Arif Fadilah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved