32 Narapidana Lapas Bontang Terima Remisi Khusus Natal

Jumlah Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas III A Bontang yang menerima Remisi Khusus (RK) I Natal 2018 sebanyak 32 orang.

32 Narapidana Lapas Bontang Terima Remisi Khusus Natal
IST
BAKTI SOSIAL - Kepala Lapas Kelas III Bontang Heru Yuswanto meninju kegiatan bakti sosial warga binaan Lapas Bontang melakukan pengecatan jembatan ulin di Kampung Selangan.

32 Narapidana Lapas Bontang Terima Remisi Khusus Natal

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Jumlah Narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas III A Bontang yang menerima Remisi Khusus (RK) I Natal 2018 sebanyak 32 orang.

Rencananya remisi akan diserahkan kepada 32 napi bersamaan melalui apel yang digelar di Lapas Bontang, jalan Prestasi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan.

Kepala Lapas Bontang, Heru Yuswanto mengatakam pihaknya mengusulkan 40 napi untuk menerima RK I ini. Namun, 8 orang diantaranya dianggap belum memenuhi syarat pemberian remisi.

"Untuk tahun ini tidak ada yang langsung bebas atau RK II, semua RK I saja," ujar Kalapas Heru saat dikonfirmasi, Jumat (21/12).

Heru menyebutkan jumlah warga binaan yang beragama Nasrani sebanyak 56 orang. Dari jumlah tersebut sebagaian masih berstatus tahanan.

Kata Heru, besaran remisi yang diterima beragam. Mulai paling rendah 15 hari sampai dengan 1 bulan 15 hari. Untuk RK I durasi paling besar selama 2 bulan, hanya saja tahun ini paling tinggi hanya 1 bulan 15 hari.

"Paling banyak menerima remisi dari kasus perlindungan anak itu sekitar 15 orang, kemudian napi dari kasus narkotika 12 dan selebihnya kasus pidan lainya, tidak ada kasus korupsi," katanya.

Dia menambahkan, jumlah napi saat ini mencapai 1.063 orang. Padahal kapasitas ideal lapas hanya berkisar 300-400 orang saja. Untuk itu, pihaknya intens mengurus pemberian remisi bagi pra napi untuk mengurangi jumlah penghuni lapas.

"Yah sekarang ini tidak imbang, bebasnya 10 yang masuk 50. Sejauh ini napi kasus narkotika paling banyak di Lapas dengan presentase hampir 70 persen," pungkas Heru. (m09)

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved