Berita Video

Video - Dua Polres di Kalimantan Timur Musnahkan Ribuan Botol Barang Bukti Minuman Keras

Dua Polres di Kalimantan Timur, yakni Polres Penajam Paser Utara (PPU) dan Polres menggelar pemusnahan barang bukti miras, Jumat (21/12/2018).

Video - Dua Polres di Kalimantan Timur Musnahkan Ribuan Botol Barang Bukti Minuman Keras
TRIBUN KALTIM/SAMIR
Polres Penajam Paser Utara (PPU) melakukan pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) di halaman belakang Mapolres, Jumat (21/12/2018). 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Samir Paturusi dan Sarassani

TRIBUNKALTIM.CO - Dua Polres di Kalimantan Timur, yakni Polres Penajam Paser Utara (PPU) dan Polres Paser hari ini, Jumat (21/12/2018) menggelar pemusnahan barang bukti minuman keras. Pemusnahan ribuan botol miras dari berbagai merek itu dilakukan dengan cara menggilas botol-botol dengan alat berat.

Di PPU, ada 2.100 botol miras berbagai merek termasuk tuak dan cap Tikus.

Sebelum pemusnahan terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan. Setelah itu, Kapolres AKBP Sabil Umar, Dandim 0913 PPU Letkol Mahmud, Sekda Tohar dan Kajari Darfiah turut memusnahkan miras dengan melempar botol ke alat berat.

Pesta Miras di Tahun Baru jadi Perhatian Polres Kukar, Ini Upaya untuk Mencegahnya

Polres Bontang Musnahkan Ratusan Botol Miras Berbagai Merek, Termasuk Juga Tuak

11 Ribu Botol Miras dan Ribuan Liter Cap Tikus Dimusnahkan, Produsen hingga Pengedar Juga Ditindak

Kapolres AKBP Sabil Umar mengatakan barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan hasil operasi selama enam bulan terakhir. Ia mengatakan, barang bukti merupakan hasil cipta kondisi yang dilakukan Polres PPU, Satpol PP dan TNI.

Ia mengatakan miras yang dimusnahkan sebanyak 2.100 botol termasuk minuman tradisional seperti tuak dan cap tikus. Sabil mengakui, miras merupakan salah satu penyebab terjadinya kriminal.

"Biasanya terjadi tindak kriminal karena dipicu miras. Misalnya, berkelahi dan langsung main tusuk pakai sajam karena pengaruh miras, " ujarnya.

Sementara di Polres Paser,  dimusnahkan 1.232 botol minuman keras (miras) berbagai merek, 370 liter miras tradisional (tuak) dan 8 liter miras cap tikus.

Pemusnahan barang bukti hasil cipta kondisi (cipkon) ini dipimpin Kapores Paser AKBP Roy Satya Putra bersama pejabat yang mewakili Pemkab Paser, Kodim 0904/Tng, Kejari Paser, Satpol PP dan Dishub Paser.

Halaman
123
Penulis: tribunkaltim
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved