Jemaat Gereja Diminta Tidak Takut Melihat Petugas Bersenjata Lengkap saat Amankan Gereja

Jemaat Gereja Diminta Tidak Takut Melihat Petugas Bersenjata Lengkap saat Amankan Gereja

Jemaat Gereja Diminta Tidak Takut Melihat Petugas Bersenjata Lengkap saat Amankan Gereja
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD FACHRI RAMADHANI
Jumat (21/12/2018) apel gelar pasukan Operasi Lilin Mahakam 2018 dilaksanakan di lapangan SPN Polda Kaltim, Balikpapan. 

Jemaat Gereja Diminta Tidak Takut Melihat Petugas Bersenjata Lengkap saat Amankan Gereja

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Perayaan malam Natal di Gereja Santo Martinus Lanud Balikpapan Paroki Santo Klemens, Sepinggan, Balikpapan Selatan, pada Senin (24/12/2018) malam akan diperkuat kerja sama antara anggota kepolisian dan TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Pastor Paroki Santo Klemens Sepinggan, Agustinus Doni Tupen, MSF, mengungkapkan hal ini ketika ditemui Tribun Kaltim seusai misa pagi pada Minggu (23/12/2018). "Jadi kami sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan, baik itu dari kepolisian dan AURI, mereka akan menurunkan personel untuk ikut mengamankan perayaan malam Natal. Dan jajaran keamanan dari umat paroki sendiri juga akan diturunkan," ujarnya. "Dari AURI sendiri akan ada sepuluh personel yang akan ditugaskan untuk berjaga di bagian pintu masuk." lanjutnya lagi.

Tindakan pengamanan ini dilakukan mengingat gereja Katolik Santo Klemens Sepinggan merupakan gereja milik AURI, dan bersama-sama dengan pihak gereja, mereka ingin memastikan agar tindakan pengamanan dalam Natal tahun ini diperketat

Dia melanjutkan, jumlah umat pada Natal tahun ini diperkirakan akan berjumlah lebih dari 3 ribu orang, yang terbagi dalam misa pertama pukul 17.30 Wita, dan misa kedua pukul 20.30 Wita. Beliau juga menyampaikan imbauan bagi umat yang akan mengikuti misa malam Natal, agar misa bisa berlangsung kondusif.

"Bagi umat yang akan ikut misa Natal, hendaknya membawa tas gereja yang ukurannya tidak terlalu besar karena nanti pasti akan diperiksa. Yang kedua, harap umat mengikuti tata tertib yang sudah disampaikan oleh panitia menyangkut parkir, jalan masuk dan keluar, dan sebagainya," ujarnya.

Dia menambahkan, para personel yang diturunkan akan dibekali senjata lengkap. Tetapi, dia mengingatkan agar umat tidak perlu terlalu cemas. "Mereka bertugas dengan senjata lengkap, bukan berarti keadaannya darurat, ya. Hanya saja sebagai pihak keamanan mereka siap untuk mengamankan jika ada hal-hal yang di luar dugaan terjadi. Jadi umat tidak perlu terlalu takut," pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan, Polri maupun TNI bakal memberikan kepastian keamanan, terutama bagi umat kristiani yang merayakan Natal.

Dari data biro Operasi Polda Kaltim sebanyak 1.089 gereja yang tersebar di 9 Kabupaten/Kota Kaltim bakal mendapat pengamanan dari aparat penegak hukum. Kepolisian Daerah Polda Kaltim mengerahkan kekuatan setidaknya 2.018 personel, demi menjamin keamanan dan ketenangan perayaan hari besar umat Kristiani. Itu belum ditambah kekuatan tambahan dari TNI sebanyak 1.433 prajurit, serta instansi samping lainnya yang berjumlah ribuan. "Dalam rakor lintas sektoral kemarin, diminta 363 personel TNI. Namun Pangdam VI menambahkan 1.070 prajuritnya dalam pelibatan pengamanan agenda akhir tahun," kata Karo Ops Polda Kaltim, Kombes Pol Heri Heryandi SIK, Kamis (20/12) lalu.

Selain Natal 2018, pihaknya juga melaksanakan pengamanan terhadap agenda perayaan tahun baru 2019. Agenda akhir tahun yang bertepatan dengan masa libur sekolah, membuat mereka juga fokus pada pengamanan fasilitas umum dan obyek wisata. Di antaranya 12 terminal, 15 pelabuhan, 7 bandara, 44 pusat perbelanjaan, 56 obyek wisata dan 32 tempat keramaian pergantian tahun baru. "Sandi operasi Lilin Mahakam 2018, kami gelar pos pengamanan sebanyak 45 dan 18 pos pelayanan sepanjang akses jalan penghubung antar kota serta tempat keramaian yang berpotensi," ungkap mantan Kasat Brimob Kaltim.(*)

Penulis: Christine
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved