Apa Hukum Ucapkan Selamat Natal? Ini Jawaban Quraish Shihab hingga Ustadz Abdul Somad

Dr Quraish Shihab menjawabnya lewat dialog bersama Najwa Shihab dan seorang nara sumber lainnya yakni Romo Aloysius Budi Purnomo.

Apa Hukum Ucapkan Selamat Natal? Ini Jawaban Quraish Shihab hingga Ustadz Abdul Somad
Instagram/najwashihab
Quraish Shihab dan Najwa Shihab. 

Apa Hukum Ucapkan Selamat Natal? Ini Jawaban Quraish Shihab hingga Ustadz Abdul Somad

TRIBUNKALTIM.CO - Apa hukum mengucapkan 'Selamat Hari Natal' ?

Ini pertanyaan yang selalu berulang di setiap perayaan dan momentum hari raya bagi umat Kristiani ini, termasuk di momentum Natal 2018.

Dr Quraish Shihab menjawabnya lewat dialog bersama Najwa Shihab dan seorang nara sumber lainnya yakni Romo Aloysius Budi Purnomo.

"Selamat Natal bagi teman-teman yang merayakan," kata Najwa Shihab, TribunStyle.com kutip dari Instagram dia, Selasa 25 November 2018.

Najwa Shihab kemudian menuturkan, menurut ayahandanya tercinta yang dia panggil 'Abi Quraish' itu, mengucapkan selamat hari raya untuk umat beragama lain merupakan hal baik demi kerukunan dan perdamaian.

"Lantas bagaimana jika ada kekhawatiran mengucapkan selamat hari raya dapat mengurangi iman dan takwa kita?" tanya Najwa Shihab.

Menurut Quraish Shihab, permasalahan itu cuma terjadi di Indonesia.

Di Timur Tengah sudah hal lazim masyarakat mengucapkan selamat hari raya bagi umat beragama lain.

"Itu masalah di Indonesia, Malaysia, tapi di Timur Tengah tak masalah itu. Kita tak cuma berkata 'bolehkah atau tidak' tapi sebenarnya bagus (mengucapkan Selamat Natal). Ikut bergembira dengan kegembiraan siapa pun. Siapa pun itu, dia seagama dengan kita, atau tidak seagama dengan kita, tapi satu kemanusiaan dengan kita," jawab Quraish Shihab mengawali ucapannya.

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved