Liga Inggris

Laga Liverpool vs Newcastle United, Sinyal Natal untuk si Merah

PARA penggawa Liverpool menyambut Natal tahun ini dengan harap- harap cemas.

Laga Liverpool vs Newcastle United, Sinyal Natal untuk si Merah
Grafis TribunKaltim.co/Syaiful Syafar
Jadwal dan Link Live Streaming Liverpool vs Newcastle United pada Laga Boxing Day 

TRIBUNKALTIM.CO - PARA penggawa Liverpool menyambut Natal tahun ini dengan harap- harap cemas. Musim ini, mereka dijagokan bisa meraih trofi Liga Primer pertama-kalinya sejak 1990, meski sejumlah fakta sejarah membuat Virgil van Dijk dkk cukup was-was.

Kabar baik pertama untuk Liverpool adalah: delapan dari sepuluh musim terakhir, tim yang memimpin di puncak klasemen pada Natal, akhirnya bisa menjuarai Liga Primer.

Sekarang, kabar buruknya adalah: dari sepuluh musim terakhir itu, Liverpool pernah dua kali memimpin klasemen saat Natal, tapi kemudian gagal menjadi juara. Mereka disalip Manchester United musim 2008/2009, dan oleh Manchester City pada musim 2013/2014.

Saat ini The Reds memimpin klasemen sementara dengan 48 poin dari 18 laga, terpaut empat poin dari Manchester City di peringkat kedua, dan enam poin dari Tottenham di peringkat ketiga.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Brighton vs Arsenal, Boxing Day Liga Inggris di RCTI & beIN Sports!

Situasi ini sama sekali belum membuat pelatih Liverpool, Jurgen Klopp merasa nyaman. Ia menilai, ancaman dari tim lain masih sangat nyata. "Saya ingin tim tetap lapar, dan serakah meraih kemenangan. Posisi kita masih rawan," katanya.

Klopp juga merujuk pada kegagalan Liverpool mempertahankan pucuk klasemen di dua musim lalu. Musim 2009 saat ditukangi Rafael Benitez, dan musim 2013/2014 saat diarsiteki Brendan Rodgers.

Di era Benitez, The Reds sangat seimbang dengan adanya Pepe Reina, Xabi Alonso, Javier Mascherano, Steven Gerrard dll. Namun, mereka tak punya pemain pelapis yang mumpuni. Akibatnya, saat ada pemain pilar cedera, keseimbangan tim terganggu.

Musim 2013/2014, kasusnya lain lagi. The Reds punya lini depan sangat tajam: Luis Suarez, dan Daniel Sturridge yang sedang tajam-tajamnya. Sayang lini belakang mereka keropos.

Liverpool sukses menembus 101 gol, tapi kebobolan 50 gol. Hal itu tak cukup membawa mereka menjadi juara.

Baca: Amankan Jasa Andik Vermansah, Madura United Kalahkan Tawaran Jumbo dari Klub Malaysia

Tapi kini, Liverpool sepertinya bisa mengatasi dua masalah utama itu. Mereka punya pemain pelapis yang mumpuni. Di lini depan misalnya, ada Xhardan Shaqiri yang serba-bisa. Di lini tengah, Georginio Wijnaldum juga bisa menjadi pengaman.

Lini belakang pun sekarang justru jadi salah satu kekuatan The Reds. Kehadiran Virgil van Dijk, dan kiper Alisson terbukti memberikan sentuhan yang memperkokoh lini pertahanan. Kini The Reds baru kebobolan tujuh gol, menjadi satu-satunya tim di Liga Primer yang belum kebobolan sepuluh gol.

Pelatih Newcastle, Rafael Benitez pun hanya bisa pasrah saat menyambangi markas Liverpool, Stadion Anfield dalam pekan ke 19 Liga Primer, Kamis (26/12) malam ini.

Ia maklum, The Kop tengah dalam performa terbaik, sedang skuatnya sendiri sedang limbung karena banyaknya pemain pilar yang absen. Skuatnya juga, katanya, tak cukup bagus untuk bersaing, apalagi dengan tim sekelas Liverpool.

"Kami harus realistis dan mengerti jika akan tetap berada di papan bawah di musim ini. Untuk saya, sangat jelas jika kami lebih baik dari tiga tim, kami tidak akan terdegradasi. Namun, hal itu membutuhkan sebuah keajaiban," tutur Benitez.

Baca: Langkah Esteban Vizcarra ke Persib Bandung Tinggal Menunggu Restu Figur Ini

Hingga pekan ke-18, Newcastle masih tertahan di peringkat ke-15 klasemen dengan koleksi 15 poin. Newcastle hanya berjarak lima angka dari Burnley di peringkat ke-18 atau batas atas degradasi. Dalam lima laga terakhir, Newcastle hanya bisa meraih satu kemenangan. Sisanya, tim berjuluk The Toon Army itu menelan dua kekalahan dan dua imbang. (tribunnews/den)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved