Natal dan Tahun Baru

Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Samarinda, Ratusan Hewan Naik Kapal

Pemeriksaan terhadap hewan pada arus mudik Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan di Pelabuhan Samarinda, jalan Yos Sudarso.

Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Samarinda, Ratusan Hewan Naik Kapal
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Petugas Stasiun Karantina bertugas di loket layanan Pelabuhan Samarinda Jalan Yos Sudarso Samarinda Kalimantan Timur, Rabu (26/12/2018). 

Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Samarinda, Ratusan Hewan Naik Kapal

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemeriksaan terhadap hewan pada arus mudik Natal dan Tahun Baru mengalami peningkatan di Pelabuhan Samarinda, jalan Yos Sudarso.

Pada arus mudik Natal dan Tahun Baru, petugas Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda telah mengeluarkan sedikitnya 200 lebih sertifikasi, dengan total 300 hewan yang telah menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan hewan maupun tumbuhan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh penumpang, sebelum naik ke kapal.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit pada hewan, seperti flu burung pada hewan jenis unggas, rabies, serta penyakit tanaman.

6 Cara Turunkan Berat Badan yang Paling Populer Sepanjang 2018, Mulai Diet Keto hingga Puasa

 

"Ini sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit pada hewan, dan tumbuhan, selain juga untuk antisipasi peredaran gelap hewan maupun tumbuhan yang dilindungi," ucap Koordinator Fungsional, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda, Pradipta Hendra Saputra, Rabu (26/12/2018).

Dirinya menilai, sejauh ini kesadaran penumpang untuk melaporkan hewan maupun tumbuhan bawaany tergolong cukup tinggi, hal itu juga didukung dengan petugas kapal yang senantiasa menegur penumpang jika belum melakukan verifikasi terhadap hewan maupun tumbuhan yang dibawanya.

Syarat untuk dilakukan verifikasi pun tidak sulit penumpang hanya diminta untuk membawa hewan maupun tumbuhan dengan wadahnya, atau kandangnya.

Hari Ini 14 Tahun Lalu 26 Desember 2004, Gempa dan Tsunami Dahsyat Terjang Wilayah Aceh

 

Lalu mengisi formulir dan surat pernyataan.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved