Lagi, Pesawat Susi Air Tergelincir di Bandara Krayan, Semua Penumpang Selamat

Pesawat Pilatus Porter PK-VVP milik maskapai Susi Air kembali mengalami kecelakaan, Jumat (28/12) sekitar pukul 13.45 di Bandara Long Layu

Lagi, Pesawat Susi Air Tergelincir di Bandara Krayan, Semua Penumpang Selamat
HO/DISHUB KALTARA
Foto-foto pesawat Pilatus Porter Susi Air yang mengalami kecelakaan di lapangan terbang Long Layu, Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (28/12/2018). (HO/DISHUB KALTARA) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Pesawat Pilatus Porter PK-VVP milik maskapai Susi Air kembali mengalami kecelakaan, Jumat (28/12) sekitar pukul 13.45 di Bandara Long Layu, Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara Taupan Majid, kecelakaan tersebut terjadi sesaat setelah pesawat mendarat atau take off. Permukaan lapangan terbang dari tanah dan tiupan angin yang sedikit kencang mengakibatkan kecelakaan tersebut.

"Kondisi runway kurang baik, dan angin sedikit kencang, akhirnya pesawat tergelincir ke parit landasan pacu," kata Taupan dalam pesan WhatsApp-nya kepada Tribunkaltim.co, Jumat (28/12).

Baca: Fakta Baru Dua Lelaki Telanjang di Dalam Mobil, Polisi Pastikan Bukan Pasangan Sejenis

Sebelumnya, pesawat Susi Air serupa juga dilaporkan tergelincir di bandara perintis yang ada di wilayah perbatasan Kecamatan Krayan, Nunukan, Senin (17/12) lalu. Pesawat tergelincir diduga karena landasan licin karena hujan lebat mengguyur Bandara Binuang. "Iya tergelincir tadi sore sekitar pukul 15.10 Wita. Hujan deras di Krayan," ujar Aprem Tinus, salah seorang warga Krayan yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Senin (17/12).

Aprem Tinus menambahkan, pesawat dengan registrasi PK PC6 PK VVW sedang membawa 7 orang penumpang saat insiden. Meskipun demikian, ke-7 penumpang selamat tanpa mengalami luka-luka.

Akibat insiden tersebut, pesawat Susi Air mengalami kerusakan pada sayap belakang sebelah kiri patah dan sayap depan sebelah kanan penyok.

Baca: Kenali Gejala Tuberculosis, Penyakit yang Merenggut Nyawa Jurnalis Metro TV Rifai Pamone

Sementara, pesawat Pilatur Porter PK-VVP yang tergelincir, kemarin diketahui berangkat dari Malinau tujuan Krayan Selatan mengangkut lima orang penumpang. Kondisi semua penumpang selamat. "Alhamdulillah, lima orang penumpangnya selamat," tutur Taupan.

Pesawat ini diketahui baru didatangkan dari Papua untuk menggantikan pesawat Susi Air yang juga mengalami kecelakaan di Bandara Binuang, Krayan Tengah, Nunukan, Senin (17/12) lalu itu.

Seperti diketahui, selain Susi Air, warga perbatasan di Kaltara dilayani dengan pesawat MAF. Untuk bisa ke kota, warga Krayan hanya bisa mengakses transportasi dengan menggunakan pesawat terbang karena belum ada jalan darat ataupun melalui sungai. (wil/kps)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved