Tahun Baru 2019

Malam Tahun Baru Ini, Warga Balikpapan Dilarang Nyalakan Kembang Api di Lapangan Merdeka

Malam tahun baru Ini, warga Kota Balikpapan dilarang menyalakan kembang api dan petasan di Lapangan Merdeka

Malam Tahun Baru Ini, Warga Balikpapan Dilarang Nyalakan Kembang Api di Lapangan Merdeka
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Pesta kembang api pada malam tahun baru 2017 dilihat dari Lapangan Merdeka, satu titik pusat keramaian di Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meski Gubernur Kaltim Isran Noor dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengeluarkan surat edaran agar malam pergantian tahun baru tidak dirayakan dengan acara hura-hura dan hiburan, namun beberapa masyarakat diperkirakan masih akan merayakan dengan turun ke jalan.

Beberapa tempat pusat keramaian, seperti Lapangan Merdeka, Taman Bekapai, Taman Tiga Generasi, Dome dan beberapa tempat lain biasanya akan ramai dikunjungi warga Balikpapan.

Aparat kepolisian dibantu TNI dan Sat Pol PP tetap siaga akan mengamankan malam tahun baru 2019.

Baca: Malam Tahun Baru 2019 Sendirian? Simak 10 Tips Anti Galau Berikut Ini

Kepala Biro Operasi Polda Kaltim Kombes Polisi Heri Heryandi SIK mengatakan kepolisian menurunkan 750 personel pengamanan malam pergantian tahun di Kota Balikpapan. "Iya fokus Balikpapan. Polda akan turunkan 750-an personel," katanya Minggu (30/12).

Dikemukakan, ada beberapa agenda malam tahun baru yang akan didatangi massa, di antaranya Shalawat Akbar di BSCC Dome, pesta kembang api di sejumlah hotel, hingga hiburan musik di sejumlah THM di Balikpapan.

"Potensi kerawanan gangguan mulai dari sabotase, kebakaran, pencurian, pengerusakan dan perkelahian," ujar Kombes Heri.

Baca: 6 Rekomendasi Lokasi Habiskan Malam Tahun Baru di Balikpapan, Saksikan Kemeriahan Pesta Kembang Api

Adapun lokasi-lokasi yang jadi tempat berkumpul di Balikpapan, di antaranya Taman 3 Generasi, Pasar Segar, BSCC Dome, Lapangan Merdeka, Taman Bekapai, Monpera dan Lapangan Foni Balikpapan Barat.

Sementara, lokasi perayaan malam tahun baru, dari data yang dihimpun yakni Lapangan Tenis Indoor Balikpapan, Pantai Kilang Mandiri, Hotel Grand Jatra, Hotel Le Grendeur, Hotel Mid Town, Hotel Max One, Hotel Platinum, Hotel Swis Bellin dan Hotel Blue Sky.

"Brimob, Sabhara Polda dan Polres Balikpapan tentu bakal mengamankan jalannya malam pergantian tahun baru 2019," tegasnya.

Sementara, menyambut malam pergantian tahun baru, Satlantas Polres Balikpapan membuat rekayasa lalu lintas dan pembatasan arus lalu lintas di beberapa kawasan. Bagi warga Balikpapan diminta untuk tidak kaget bila diarahkan polisi pada Senin (31/12) malam besok.

"Pukul 20.00 Wita Jalan Minyak ditutup mulai dari simpang Karang Anyar dan pintu Pelabuhan I. Mengingat kawasan obyek vital nasional," kata Kasatlantas Polres Balikpapan AKP Noordhianto.

Baca: Malam Tahun Baru di Balikpapan Diprediksi Hujan, Intensitas tak Terlalu Tinggi

Menindaklanjuti adanya surat edaran Walikota Balikpapan yang mengimbau masyarakat tak merayakan malam pergantian tahun berlebihan, di Lapangan Merdeka tak ada kegiatan hiburan dan tidak diperkenankan menyalakan kembang api dan petasan.

Dikemukakan, akan dilakukan pembatasan kendaraan di jalan menuju Lapangan Merdeka, mulai pukul 21.00 Wita. Pihaknya akan mengarahkan putar balik ke arah Jenderal Sudirman, Prapatan dan Gunung Pasir.

"Kecuali bagi masyarakat yang hendak ke rumah sakit maupun ke pemukimannya di sekitar kawasan tersebut," jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved