Erupsi Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau Meletus 37 Kali, 2 Kali Gempa Dalam, Sutopo Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Sutopo Purwo Nugroho membagikan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang meletus pada Kamis (3/1/2019).

Gunung Anak Krakatau Meletus 37 Kali, 2 Kali Gempa Dalam, Sutopo Imbau Masyarakat Tetap Tenang
Tribunnews/Jeprima
Aktivitas Erupsi gunung anak krakatau terlihat dari KRI Torani 860 di perairan Selat Sunda, Banten, Kamis (27/12/2018). Petugas pos pengamatan anak gunung Krakatau mencatat ada sembilan kali letusan dalam satu menit, jumlah ini menurun dibandingkan hari sebelumnya yang terjadi letusan 14 kali per menit. 

Gunung Anak Krakatau Meletus 37 Kali, 2 Kali Gempa Dalam, Sutopo Imbau Masyarakat Tetap Tenang

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho membagikan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang meletus pada Kamis (3/1/2019).

Diagram letusan Gunung Anak Krakatau dibagikan oleh Sutopo melalui akun Instagram pribadinya @sutopopurwo, Jumat (4/1/2019).

Dikutip TribunWow.com, awalnya Sutopo menuliskan aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau telah terjadi 37 kali letusan dan 42 kali hembusan.

Selain itu gunung juga menampakan 2 kali gempa vulkanik dalam, 1 kali gempa vulkanik dangkal dan tremor menerus.

Dirinya juga menuliskan asap kawah gunung yang memiliki tekanan sedang hingga kuat yang diselimuti asap warna putih, kelabu dan hitam berintensitas tebal dengan tinggi mencapai 2.000 meter.

Sementara itu, Gunung Anak Krakatau memasuki level III (siaga) dalam radius 5 kilometer masih dirasa aman untuk jalur pelayaran Merak-Bakauheuni sebab tidak terpengaruh letusan.

Selain itu, Sutopo juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu tetap tenang.

"Hampir setiap hari Gunung Anak Krakatau meletus. Dari histogram letusan Gunung Anak Krakatau yang dipantau oleh PVMBG, terlihat memang selalu ada jeda beberapa hari gunung tidak meletus, kemudian meletus beruntun.

Pada 3/1/2019 dari pukul 00.00 -24.00 WIB terjadi 37 kali letusan, 42 kali hembusan, gempa vulkanik dangkal 1 kali, gempa vulkanik dalam 2 kali dan tremor menerus.

Halaman
123
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved