DLH Balikpapan Angkut Sampah Warga hingga Pelosok Gang Menggunakan Motor Sampah

DLH Balikpapan Angkut Sampah Warga hingga Pelosok Gang Menggunakan Motor Sampah

DLH Balikpapan Angkut Sampah Warga hingga Pelosok Gang Menggunakan Motor Sampah
TRIBUN KALTIM / SITI ZUBAIDAH
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto 

DLH Balikpapan Angkut Sampah Warga hingga Pelosok Gang Menggunakan Motor Sampah

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka memaksimalkan pelayanan sampah hingga pelosok gang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan menyediakan kendaraan roda tiga untuk menjangkau pelayanan sampah warga yang berada di pelosok dan gang yang sulit dijangkau. Hal itu diutarakan Kepala DLH Kota Balikpapan, Suryanto, belum lama ini.

"DLH tidak hanya mempersiapkan truk besar yang melayanai jalan utama, jalan kedua dan jalan ketiga saja. Tapi akan kita layani sampai ke ujung dengan motor sampah roda tiga ini," jelasnya kepada Tribun Kaltim.

Ia menjelaskan, adanya temuan dan penelitian dari mekomaritim bahwa kebanyakan sampah laut merupakan sampah warga yang tidak terlayani dan tidak terjangkau oleh pemerintah. "Jadi warga yang tak terjangkau itu akan menaruh sampahnya dipinggir parit atau sungai, sehingga saat hujan sampah itu terbawa dan jatuh ke sungai sampai larut ke laut," terangnya.

Saat ini, ucap Suryanto, motor sampah roda tiga tersebut telah tersedia sebanyak 28 unit yang beroperasi keliling mengangkut sampah di gang-gang yang tidak terjangkau.

Ia menargetkan pelayanan motor sampah roda tiga tersebut dapat diisi dalam tiga RT sebanyak satu unit motor sampah, sehingga, dirinya membutuhkan motor sampah minimal 500 unit untuk mengisi semua wilayah di Balikpapan.

Dengan cara tersebut, dirinya yakin sampah di sungai dan dilaut akan berkurang dengan metode pelayanan sampah dengan motor roda tiga ini. "Saat ini di Graha ada, dan di Sepinggan juga akan ada motor sampah yang melayani warga sampai ke pelosok," tuturnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved