Abrasi Pantai Diduga Jadi Penyebab Puluhan Tumbuhan Mati di Pantai Nirmala Balikpapan

Ada juga sebanyak 7 pohon pucuk merah mati serta pohon pohon pinus kecil yang jumlahnya sekitar 20 pohon lebih itu juga ikut mati.

Abrasi Pantai Diduga Jadi Penyebab Puluhan Tumbuhan Mati di Pantai Nirmala Balikpapan
Tribunkaltim.co/ Budi Susilo
Pohon besar tumbang dan mati di Pantai Nirmala, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Diduga, matinya pohon ini akibat terkena abrasi pantai. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

Abrasi Pantai Diduga Jadi Penyebab Puluhan Tumbuhan Mati di Pantai Nirmala Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Keberadaan wisata alam berupa Pantai Nirmala di Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur terancam oleh fenomena alam berupa abrasi pantai.

Aktivitas abrasi pantai dianggap belakangan ini semakin mengganas. Hal ini disampaikan oleh Mujib, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Nirmala Balikpapan Timur kepada Tribunkaltim.co pada Senin (7/1/2019) siang di Lamaru.

Pantai Nirmala merupakan pantai wisata yang satu komplek dengan area pemakaman Monumen Makam Jepang. Diresmikan sejak pertengahan tahun 2018, yang kala itu turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Oemy Facesly dan Muhaimin, Kepala Dinas Pendidikan Balikapapan.

Daftar Nama 45 Artis Diduga Terlibat Prostitusi Disimpan Pihak Mucikari

Kenapa Pria Pengusaha Inisial R yang Kencani Vanessa Angel Dilepas? Ini Jawaban Polisi

Kata Mujib, Pantai Nirmala mulai tergerus oleh ombak pasang air laut yang diduga menghancurkan beberapa tanaman.

"Wah, hancur-hancuran sudah," ujarnya.

Dia menambahkan, sejak peristiwa bencana alam tsunami di Selat Sunda, muncul gelombang tinggi yang menghampiri pantai Nirmala begitu besar dan tinggi.

"Air pasang laut naik sampai mendekati ke pagar makam Monumen Jepang. Dahulu air laut kalau gelombang tinggi paling hanya sampai bibir pantai saja tidak sampai naik ke daratan mau mendekati ke Makam Jepang," ungkapnya.

Tanaman-tanaman yang di tanam pun rusak akibat disapu gelombang tinggi dari arah pantai. Seperti di antaranya pohon pucuk merah yang pada waktu itu dilakukan penanaman secara massal oleh perwakilan Kedutaan Besar Jepang.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved