Hunian Lebih Tertata dengan Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan dan pada umumnya hanya memiliki lahan terbatas

Hunian Lebih Tertata dengan Gaya Hidup Minimalis
HO
Ruang tengah yang tampak plong dan adem dengan pencahayaan dan penghawaan alami di rumah milik keluarga Didik Sucahyo 

TRIBUNKALTIM.CO- MEDIA sosial saat ini berpengaruh besar dalam gaya hidup zaman sekarang. Salah satunya adalah gaya hunian atau tempat tinggal. Di Instagram misalnya banyak sekali posting-an rumah dan furnitur yang bikin perempuan juga ingin memiliki barang yang sama. Alhasil, kadang kita membeli barang yang sebenarnya bukan kebutuhan. Sehingga perabot pun menumpuk.

Solusinya adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan dan pada umumnya hanya memiliki lahan terbatas sebagai hunian. Hal ini cukup banyak diterapkan, bahkan sudah menjadi tren di kawasan kota besar seperti Jakarta. Jika hunian tidak luas, maka secara otomatis berbagai barang di dalamnya juga hanya akan terdiri dalam jumlah yang terbatas. Tren minimalis ini bisa dilihat tak hanya dalam bentuk apartemen saja, tapi juga banyak diminati oleh mereka yang tinggal di rumah petak.

Baca: Sebelum Menjadi Keluarga Kerajaan Inggris, Inilah Tempat Tinggal Kate Middleton dari Masa ke Masa

 

Jepang menjadi salah satu negara yang hampir semua masyarakat mengusung konsep minimalis pada hunian mereka. Jika Anda berminat dan berniat untuk menjalankan pola hidup minimalis, maka berkaca pada masyarakat Jepang adalah pilihan yang tepat.
Minimnya area perumahan dan juga pola hidup yang praktis tentu menjadi salah satu alasan utama warga Jepang menyukai tren minimalis ini. Selain itu, pengaruh dari kepercayaan Buddhisme Zen memang berperan cukup besar. Tak bisa dipungkiri, jika pada kenyataannya pola hidup yang satu ini banyak memberikan dampak positif berupa keuntungan bagi kehidupan orang-orang yang menjalankannya.

Memulai pola hidup minimalis yang diawali dari hunian merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan tren ini di dalam kehidupan. Awalnya memang akan terasa tidak mudah, jika ternyata selama ini Anda terbiasa dengan berbagai barang-barang dan juga kondisi rumah yang " serba ada".

Baca: Corvin Castle, Istana yang Jadi Lokasi Shooting The Nun Dipercaya sebagai Tempat Tinggal Drakula

Namun bagi Anda yang benar-benar ingin menjalankannya, melakukan perubahan secara bertahap dan dimulai dari hal-hal yang kecil saja adalah sebuah keputusan yang tepat. Misalnya saja, dengan menata kembali barang-barang yang ada di dalam hunian. Jika ada barang yang tidak digunakan lagi, Anda bisa membuangnya atau bila kondisi masih layak pakai tak ada salahnya kasih ke orang sekitar yang ada di lingkungan rumah.

Berjalannya waktu, Anda akan terbiasa untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan, sehingga ini akan berpengaruh pada pola pikir menyoal gaya hidup minimalis ini. Meski terlihat sederhana, ada keuntungan yang bisa didapat, seperti berikut ini:

Keuangan Lebih Tertata dan Hemat
Tren minimalis akan mengarahkan siapapun yang menjalankannya mengenai penggunaan berbagai barang yang minim dan terbatas, dimana seseorang akan belajar memanfaatkan segala sesuatu yang dimiliki. Artinya, tidak perlu membeli berbagai barang baru lagi dan hal lainnya yang benar-benar tidak dibutuhkan.

Hal ini akan membawa dampak yang sangat besar pada keuangan, yaitu Anda bisa menghemat lebih banyak uang dan menata keuangan dengan lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk dana tabungan atau investasi, dibandingkan dengan membelanjakannya berbagai barang lainnya.

Baca: Mengulik Keberadaan Istana Kensington, Tempat Tinggal Pangeran Harry-Meghan Markle

Pola Hidup Lebih Teratur
Yang kecil dan mudah ditata pada umumnya akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi kehidupan, hal ini tentu juga berlaku di dalam hunian. Ketika Anda memiliki rumah besar dengan berbagai perabotan yang luar biasa banyak, maka Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengurus rumah dan hal lainnya yang berkaitan dengan itu seperti membersihkan, belum lagi kalau ada yang harus diperbaiki.

Namun sebaliknya, saat tinggal di rumah yang ukurannya lebih kecil dengan barang-barang yang terbatas, maka pekerjaan untuk menata, membersihkan dan melakukan berbagai aktivitas pada umumnya akan menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga Anda bisa mengerjakan kegiatan lainnya dengan tepat waktu. Dengan begitu, menjalani pola hidup bisa lebih teratur, tanpa harus direpotkan dengan pekerjaan rumah yang membutuhkan waktu panjang untuk menyelesaikannya.

Pikiran Lebih Tenang dan Nyaman
Menjalani hidup dalam kondisi yang serba cukup, tentu akan membuat pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan nyaman. Keinginan untuk belanja atau memiliki berbagai barang yang tidak perlu bisa diredam dengan baik. Artinya, Anda tidak lagi mudah tergoda untuk membeli dan membawa pulang berbagai barang yang tidak benar-benar Anda perlukan.
Bagi Anda yang berniat untuk menjalankan pola hidup minimalis, Anda bisa memulai hal ini dengan mudah dari hunian yang Anda tempati. Kelola dan terapkan pola hidup minimalis ini di rumah Anda sejak sekarang, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat positif di dalam kehidupan Anda. (*)

Sumber: Cermati.com

Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved