Kebijakan Baru Lion Air Grup Bagasi Berbayar, Ini Harapan Penumpang

Aturan mengenai pengenaan tarif barang bawaan bagasi kepada penumpang harus juga diberi jaminan keamanannya.

Kebijakan Baru Lion Air Grup Bagasi Berbayar, Ini Harapan Penumpang
Daily Mirror
Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis, Berikut Tips Packing Barang Bawaan Agar Tas Lebih Ringan 

TRIBUNKALTIM.CO, TRIBUN - Sartjo Yusuf (58) punya pengalaman tidak mengenakkan saat melakukan penerbangan dari Manado menuju Balikpapan. Perjalanan dilakukan pada 22 Desember 2018 menggunakan pesawat Lion Air. Sartjo mengaku, barang bawaan berupa tas gendong miliknya dititipkan di bagasi.

Saat itu, resleting tas yang berisi pakaian dan dua bungkus rokok tanpa diberi gembok kunci. Setibanya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Sartjo dikagetkan saat mengambil tas gendongnya.

"Tas sudah saya ambil dari bagasi. Pas periksa mau mengambil rokok, ternyata hilang. Dua bungkus rokok yang ditaruh di kantong kecil tas hilang," ungkapnya. Untung saja, beberapa pakaiannya tidak ada yang diambil. Namun posisi pakaiannya di dalam tas sudah tidak beraturan, menandakan ada yang mengacaknya.

Dia menduga, hilangnya dua bungkus rokok di tas kemungkinan hilang saat berada di bagasi. "Yang barang-barang penting seperti dompet sama handphone saya bawa. Tidak taruh di bagasi," ujarnya.

Baca: Mulai Besok Bagasi Lion Air tak Gratis, Bisa Lebih Murah Pesan Voucher Bagasi sebelum Berangkat

Baca: Tingkat Kepuasan Masyarakat Berau Menurun, Wabup Perintahkan Fokus Pelayanan di Tahun 2019

Menurut Sartjo, aturan mengenai pengenaan tarif barang bawaan bagasi kepada penumpang harus juga diberi jaminan keamanannya. Diimbangi dengan pelayanan keamanan barang bawaan secara prima.

"Sudah disuruh bayar lalu barang hilang kan sangat merugikan penumpang. Harus kasih ekstra juga keamanan barang bawaannya," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Distrik Manager Area Kaltim Lion Air Group Achmad Affandi saat dikonfirmasi Tribun, enggan berkomentar. Intinya, menerapkan bagasi berbayar mengikuti instruksi dari aturan Menteri Perhubungan.

"Tidak ada kaitannya bagasi berbayar dengan jaminan pengamanan barang di bagasi. Tidak ada itu," ujarnya singkat.

Terpisah, General Manager Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha, saat dikonfirmasi Tribun menegaskan, soal pengamanan bagasi milik penumpang untuk kawasan area bandara ada pada tanggungjawab Angkasa Pura.

Baca: Kapolda Jatim Ungkap Prostitusi Online Terselubung, Selain Vanessa Ada 45 Artis dan 100 Model

Namun saat penumpang telah melakukan proses check-in di bandara dan barang terdaftar dan dikirim dalam bagas maka itu semua tanggungjawab ada di pihak maskapai penerbangan.

"Pihak Angkasa Pura hanya memberikan pengamanan saat barang berada di area bandara namun setelah check-in kemudian dimasukkan ke dalam pesawat itu pengamanan dilakukan oleh maskapai penerbangan," ujarnya.

Soal pemberlakukan bagasi berbayar yang tidak lagi cuma-cuma, merupakan kebijakan secara nasional, bukan satu dua pihak maskapai penerbangan.

"Kemungkinan semua maskapai akan memberlakukannya. Bukan saja Lion air grup. Kalau tidak salah pihak Garuda sama Citi Link sudah menerapkan," ungkap Farid (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved