Menemani Teman Berbelanja Ternyata Bikin Uang Habis tanpa Terasa

MERASA punya penghasilan besar tapi belum akhir bulan uang sudah habis? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda menghabiskan uang.

Menemani Teman Berbelanja Ternyata Bikin Uang Habis tanpa Terasa
TRIBUN KALTIM/ADITYA RAHMAN HAFIDZ
ILUSTRASI- Belanja bareng teman menjadi salah satu momen yang menyenangkan. 

TRIBUNKALTIM.CO- MERASA punya penghasilan besar tapi belum akhir bulan uang sudah habis? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda menghabiskan uang.  Apakah pernah merasa tertekan dengan pengeluaran yang membengkak atau tidak ada uang untuk disisihkan pada tabungan? Memang, tidak sedikit dari kita yang kesulitan mengatur keuangan agar tetap stabil.
Bukan hanya pendapatan yang tidak banyak menghasilkan uang, kebutuhan mendadak juga seringkali membuat kita harus merelakan tabungan terpangkas sia-sia. Namun, jika kebiasaan kesulitan finansial berlanjut, sepertinya kita perlu waspada lho!
Melansir dari Thisisinsider.com, mungkin 5 kebiasaan ini telah banyak menguras pundi-pundi kita.

Baca: Resolusi Keuangan Tahun Ini, Wajib Lunasi Utang! Ini Tipsnya

 

Menggunakan Kartu Kredit
Umumnya, banyak orang terjebak menggunakan kartu kredit untuk berbelanja tanpa menyadari limit yang segera habis. Kemudahan ini seringkali disalah gunakan dan menghasilkan kita terlilit utang. Menghindari risiko ini, sebaiknya gunakan kartu debit yang sedikit banyak lebih memiliki efek kontrol.

Tidak Memiliki Anggaran
Tiffany Aliche, seorang penasihat keuangan menyarankan untuk membuat perencanaan pembelanjaan yang tidak perlu mendetail.
"Jika Anda membelanjakan uang tanpa memikirkan niat apa pun dan Anda hanya membeli, kemungkinan besar pengeluaran Anda berlebih. Sangat mudah untuk pergi terlalu jauh (boros) jika Anda tidak membeli dengan niat," terang Aliche.
Bila perlu, gunakan aplikasi online yang kini banyak dibuat untuk memudahkan anggaran keuangan bulanan secara online.

Baca: Ramalan Zodiak di Tahun 2019, Dari Cinta, Kesehatan, Keuangan dan Karir, Ada yang Dapat Untung Besar

Bertanya Kemana Uang-Uang Itu pergi
Ketika kita tidak menyadari kemana uang kita pergi, apakah berbelanja, investasi atau donasi, kemungkinan besar ada kesalahan yang fatal di sini.
Bukan tidak mungkin, karena terlalu banyak pengeluaran menyebabkan kita tidak bisa lagi mengontrolnya.

Pembelian Ganda
Saat kita menyadari telah membeli sesuatu yang ternyata telah dimiliki sebelumnya, ini adalah tindak pemborosan. Pasalnya, kita tidak menyadari apa saja yang kita belanjakan karena terlalu banyak membeli. Apalagi ketika barang yang dibeli secara ganda ternyata bukan kebutuhan pokok, maka kerugian semakin membengkak.

Baca: VIDEO - Cara Mudah Berhemat

Menemani Teman Berbelanja
Sah-sah saja bila kita ingin menemani sahabat berbelanja atau sekadar jalan-jalan di mall.
Tetapi, kita membutuhkan kemauan keras untuk tidak mencoba membeli barang karena lapar mata. Ketika setiap teman atau rekan kerja menelpon hanya untuk menemani berbelanja, artinya di mata mereka kita lemah menolak hasrat berbelanja.
Mulai sekarang hindari 5 kebiasan di atas ya, agar keuangan tetap terkendali! (*)

Editor: Rita
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved